Selasa, 27 Oktober 2020

Status Siaga Darurat Karhutla Provinsi Jambi Diperpanjang Hingga Akhir Oktober


Selasa, 22 September 2020 | 11:35:14 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / dok/metrojambi.com

JAMBI - Status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Provinsi Jambi diperpanjang hingga akhir oktober 2020 mendatang. Awalnya, status siaga darurat Karhutla ini akan berakhir pada 26 september.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi Jambi, Bachyuni Deliansyah mengatakan, perpanjangan status ini diambil setelah mendapat penjelasan dari pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultan Thaha Jambi.

"Bahwa pada September hingga pertengahan Oktober ini curah hujan masih kategori sedang belum lebat, jadinya diperpanjang dari sebelumnya berakhir tanggal 26 september," tuturnya, Selasa (22/9/2020).

Pria yang akrab disapa Bayu ini menyebutkan, jika perpanjangan status siaga darurat Karhutla sendiri bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran kembali. Mengingat, lanjutnya, potensi hujan berdasarkan perkiraan BMKG masih hujan kategori sedang.

"Kalau untuk personil seperti kepolisian di Polsek tetap memantau meski selama ini telah berjalan, selain itu armada juga tetap kita standbykan," katanya.

Sementara itu, data dari BMKG Sultan Thaha Jambi, untuk prakiraan cuaca dan gelombang tinggi di perairan Timur Jambi pada 21-22 September menunjukkan perlambatan kecepatan angin di wilayah Kepulauan Riau. Sehingga menyebabkan penumpukan massa udara yang mendukung pembentukan awan-awan hujan.

Wilayah perairan Selat Berhala dan Perairan Lingga, untuk arah angin keduanya yakni Tenggara-Selatan dengan kecepatan angin 03-11 Knot dan cuaca berawan serta gelombang rendah.

Sedangkan Selat Bangka bagian Utara arah anginnya Barat-Utara dengan kecepatan angin 02-15 Knot dan cuaca berawan serta gelombang rendah. Lalu perairan Utara Bangka arah angin menunjukkan Tenggara-Selatan dengan kecepatan angin 03-11 Knot dan cuaca hujan lokal serta gelombang rendah.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments