Senin, 26 Oktober 2020

64.688 Pemilih di Tanjabbar Tidak Memenuhi Syarat


Selasa, 22 September 2020 | 13:42:16 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / istimewa

KUALATUNGKAL - Pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 ini mencapai 64.688 pemilih.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanjabbar, M Haziq mengatakan 64.688 pemilih yang dinyatakan TMS tersenut tersebar di 13 kecamatan.

Haziq menyebutkan, ada beberapa kategori yang menyebabkan seorang pemilih mejadi TMS. Salah satunya, tempat tinggal pemilih yang berbeda dengan A-KWK.

"Misalnya ada orang tinggal di lingkungan RT 10, ternyata di A-KWK tinggalnya di RT 09. Maka di RT 09 di TMS dulu, kemudian di pindahkan ke RT 10 jadi pemilih baru. Hal -hal semacam itu, makanya terkesan banyak," terangnya.

Dikatakannya lagi, awalnya pihak KPU melakukan pemetaan TPS di Kabupaten Tanjabbar. Adapun secara logika awal, kata Hadziq melakukan penggabungan dua RT menjadi satu TPS.

"Awalnya kita pikir RT 10 di gabungkan dengan RT 11, di lapangan ternyata tidak seperti itu. Ada yang RT 10 lebih deket dengan RT 05. Itu yang membuat sekian orang di TMS kan dulu di pindahkan ke tempat dia yang lebih dekat," terangnya

"Jadi yang TMS ini kalo kita sebutkan banyak, tapi tidak semuanya ini hilang," tutupnya.


Penulis: Eko Siswono
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments