Jumat, 23 Oktober 2020

TMMD ke 109 Tahun 2020 Kodim 0417/Kerinci Resmi Dibuka, Ini Sasaran Program yang Akan Dilakukan


Selasa, 22 September 2020 | 14:54:51 WIB


TMMD ke 109 Tahun 2020 Kodim 0417/Kerinci resmi dibuka
TMMD ke 109 Tahun 2020 Kodim 0417/Kerinci resmi dibuka / Istimewa

KERINCI - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 109 tahun 2020 Komando Distrik Militer (Kodim) 0417/Kerinci hari ini, Selasa (22/09/2020), resmi dimulai.

Pembukaan TMMD ke 109 tahun 2020 ini berbeda dari tahun sebelumnya, dimana pembukaan dilaksanakan tanpa mengelar upacara. Acara dilaksanakan di dalam gedung serbaguna Desa Sungai Langkap, Kecamatan Siulak Mukai, Kabupaten Kerinci, dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. 

Kegiatan ini sendiri akan berlangsung hingga 21 Oktober 2020. Adapun sasaran utama membuka jalan baru dari Sungai Langkap menuju kantor Bupati Kerinci di Bukit Tengah.

Turut hadir dalam pembukaan ini Bupati Kerinci, Adirozal, Letkol CZI Fitriadi, (Dandim 0417/Krc); Akbp Agung Winugroho, SIK (Kapolres Kerinci); Mayor Yusneidi (Kasdim 0417/Krc); Wabup Kerinci, Pj Sekda Kerinci, Kajari Sungai Penuh, Kepala Pengadilan Agama, Kadis PUPR Kerinci, Wakil Pimpinan DPRD Kerinci, Para Asisten dan Kabag Pemkab Kerinci; Para Pasi dan Danramil Jajaran Kodim 0417/Krc serta Babinsa Kodim 0417/Krc.

Kodim 0417/Krc pada kegiatan TMMD ke 109 tahun 2020 memprioritaskan jalan sebagai target utama dengan rincian sasaran fisik yakni, membuka jalan baru 4.300 meter dengan lebar 10 meter, perkerasan panjang 500 Meter dengan lebar 6 meter.

Dandim 0417/Kerinci, Letkol Czi Fitriadi mengatakan, kegiatan TMMD ini pada hakikatnya merupakan ruh dan implementasi nyata dari Kemanunggalan TNI dan Rakyat karena pada kegiatan tersebut nantinya akan melibatkan masyarakat secara langsung juga anggota Satgas yang berbaur dengan tinggal di rumah-rumah warga.

Sehingga secara tidak langsung akan terjalin keharmonisan dan ikatan emosional yang kuat antara TNI dengan Rakyat. Pelaksanaan TMMD ke-109 ini akan mengerjakan Pembukaan Jalan sepanjang 4,3 Km dan lebar 10 Meter yang menghubungkan Desa Sungai Langkap dan Desa Mukai Tinggi Kec.Siulak Mukai Kab.Kerinci. 

Program TMMD Pembuatan Jalan ini, untuk membantu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat Desa Sungai Langkap dengan Desa Mukai Pintu Dan desa Talang Tinggi.

"Di samping itu, kegiatan ini juga untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa. Sehingga terwujud masyarakat yang maju, mandiri, sejahtera dan memiliki ketahanan nasional," imbuhnya.

Sementara itu dalam pembangunan sasaran non fisik akan diberikan kegiatan baik penyuluhan dan sosialisasi tentang Bela Negara, Hukum dan Ham, Penyuluhan kamtibmas dan Narkoba, Penyuluhan Kesehatan dan Lingkungan serta Penyuluhan Pertanian.

"Kegiatan tersebut kita lakukan kepada warga desa sasaran yang sifatnya untuk meningkatnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat serta terjalin hubungan yang baik antara sesama elemen masyarakat, yang berdampak pada terwujudnya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat dan Dalam rangka membantu Pemda Kab. Kerinci dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa yang menjadi sasaran TMMD-109," pungkasnya. 

Bupati Kerinci Adirozal mengatakan program TMMD sebagai upaya membangun daerah mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Program ini dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia, membangkitkan peran serta masyarakat dalam mahkluk sosial dalam kebersamaan dalam semangat gotong royong," kata Bupati Kerinci, Adiroza saat membuka TMMD ke 109 tahun 2020, Selasa (22/09/2020). 

Bupati Kerinci  juga berterima kasih kepada semua pihak, karena TMMD adalah upaya membangun daerah yang merupakan program pemerintah pusat

"Apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan TMMD 109 Kabupaten Kerinci. Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 109 Kodim 0417/Kerinci merupakan program pemerintah pusat secara serentak. Upaya membangun daerah mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," Pungkas Adirozal. 

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kerinci, Maya Novefri mengatakan pembukaan jalan baru ini dari Sungai Langkap – Mukai Tinggi merupakan jalan untuk menghubungankan jalan Lubuk Nagodang ke Simpang Tanjung Tanah yang terputus di wilayah Kecamatan Siulak Mukai yaitu di Desa Desa Sungai Langkap sampai Desa Talang Tinggi.

"Jalan ini merupakan Jalan Kabupaten Kerinci yang direncanakan menjadi jalan strategis provinsi," ungkapnya. 

Adapun tujuan pembangunan ruas jalan ini adalah untuk akses jalan Perkantoran Pemerintah Kabupaten Kerinci dan jalan alternatif ke Bandara Depati Parbo Melalui Jalan Lubuk Nagodang – Simpang Tanjung Tanah. "Ini juga untuk meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa guna menunjang pertumbuhan ekonomi," sebutnya. 

Seusai kegiatan Pembukaan TMMD Bupati Kerinci, Adirozal berserta rombongan langsung melakukan peninjauan kegiatan buka jalan baru.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments