Selasa, 20 Oktober 2020

BPJS Kesehatan Akan Terapkan Kelas Standar


Senin, 28 September 2020 | 11:10:49 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / istimewa

JAMBI - Pemerintah berencana memberlakukan kebijakan kelas standar bagi peserta BPJS Kesehatan pada awal tahun 2021. Kelas standar ini akan menggantikan sistem kelas 1, 2, dan 3 untuk peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau Bukan Pekerja (BP).

Dengan demikian, seluruh peserta nantinya akan tergabung menjadi hanya satu kelas. pemberlakuan ini sendiri disebut implementasinya diberlakukan bertahap dari awal 2021 hingga 2022.

Ketentuan mengenai kelas standar tercantum dalam Perpres Nomor 64 Tahun 2020. Pada Pasal 54 A berbunyi, untuk keberlangsungan pendanaan Jaminan Kesehatan, menteri bersama kementerian/lembaga terkait, organisasi profesi, dan asosiasi fasilitas kesehatan melakukan peninjauan manfaat Jaminan Kesehatan sesuai Kebutuhan Dasar Kesehatan (KDK) dan rawat inap kelas standar paling lambat Desember 2020.

Kelas standar diharapkan menjadi solusi atas polemik kenaikan iuran BPJS Kesehatan, termasuk juga antisipasi terhadap lonjakan permintaan peserta untuk turun kelas demi menghindari membayar lebih mahal.

Sementara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta pada Januari-September 2020 seluruh pihak diharapkan bisa menyelesaikan rancangan paket manfaat JKN berbasis KDK dan rawat inap kelas standar.

Selanjutnya pada Oktober-Desember 2020, seluruh pihak diharapkan bisa mematangkan proses legal dari aturan tersebut. Meliputi, pembahasan rancangan revisi Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan oleh internal Kemenkes.

Menanggapi kabar tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jambi, Rizki Lestari mengatakan, jika pihaknya sedang menunggu perkembangan regulasinya dari pemerintah.

"Kita mengikuti apa yang diputuskan oleh pemerintah," ujarnya, Senin (28/9/2020).


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments