Senin, 19 Oktober 2020

PBAK UIN STS Jambi Digelar Secara Virtual


Senin, 28 September 2020 | 11:34:12 WIB


/ istimewa

JAMBI - Pembukaan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) Universitas Islam Negri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi digelar secara virtual di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Hanya 70 mahasiswa baru hadir untuk mengikuti PBAK secara langsung, dengan tema 'Moderasi Beragama Penguat Karakter Mahasiswa'. Selebihnya dilakukan secara virtual, melalui aplikasi zoom dan live streaming YouTube.

PBAK secara online tersebut dilakukan berdasarkan surat rekomendasi Gugus Tugas Covid-19 UIN STS Jambi, serta berdasarkan surat edaran rektor tentang peningkatan kewaspadaan dalam upaya antisipasi terhadap penularan Covid-19.

PBAK dilaksanakan pada 25-27 September pukul 08.00 sampai 16.00 di auditorium Chatib Quzwain. Kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dengan melakukan pembatasan jumlah yang hadir maksimal hanyalah 100 orang.

Mahasiswa yang hadir juga hanya perwakilan dari setiap program studi sebanyak dua mahasiswa, satu laki-laki dan satu perempuan.

Pelaksanaan kegiatan juga tetap wajib mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan yaitu terdiri dari sebelum melakukan kegiatan dengan melakukan desinfaksi sarana dan prasarana dan lingkungan kegiatan, menempatkan kursi atau tempat duduk jaga jarak sepanjang dua meter.

Kemudian, nenyediakan fasilitas pembersih tangan dengan air bersih mengalir, sabun cuci tangan dan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer, dan memastikan thermogun pengukur alat suhu tubuh berfungsi dengan baik, serta peserta diwajibkan membawa hand sanitizer pribadi.

Saat kegiatan berlangsung, pihak panitia kegiatan PBAK memastikan peserta untuk mencuci tangan sebelum memasuki ruangan, memastikan peserta untuk memakai masker, melakukan pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan thermogun, memastikan jarak antar peserta sepanjang 1,5 sampai 2 meter . Mengoptimalkan semua pintu masuk dan keluar yang berbeda. Dan juga setelah melakukan kegiatan yaitu melakukan disenfeksi prasarana dan lingkungan kegiatan.

Rektor UIN Sts Jambi, Prof. Dr. H. Su'aidi Asy'ari, MA, Ph.D dalam sambutan pembukaan PBAK melalui virtual mengatakan, selamat datang di UIN STS Jambi dan juga menjelaskan bahwa kampus saat ini sedang menjalani kemajuan yang pesat.

"Kita sedang melakukan langkah-langkah besar, dengan perubahan kualitas calon alumni, untuk adik-adik mahasiswa baru di kampus UIN ini," ujarnya.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments