Minggu, 1 November 2020

Kadis Perindagkop Merangin Lihat Langsung Kecurangan yang Dilakukan Pangkalan Gas Elpiji


Senin, 28 September 2020 | 14:41:38 WIB


Operasi pasar gas elpiji 3 kg di depan Pasar Rakyat Tipe A beberapa waktu lalu
Operasi pasar gas elpiji 3 kg di depan Pasar Rakyat Tipe A beberapa waktu lalu / istimewa

BANGKO - Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Kabupaten Merangin, M Ladani mengakui adanya sejumlah pangkalan gas elpiji yang melakukan kecurangan.

Ladani bahkan melihat langsung kecurangan yang dilakukan pihak pangkalan, saat melakukan inspeksi mendadak (sidak).

"Saya melihat langsung, bagaimana ketika gas itu dibongkar dari truk di pangkalan. Dimana pihak pangkalan sengaja memadamkan penerangan listrik dan secara berangsur sepeda motor berkeranjang, melansir gas itu ke tempat lain," kata Ladani saat menghadiri rapat gabungan perdana dengan para pemimpin Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Senin (28/9/2020).

Dengan adanya kecurangan tersebut, Ladani mengatakan gas elpiji khususnya 3 kg tidak lagi dinikmati oleh warga di sekitar pangkalan, karena sudah dibawa ke daerah lain. Akibatnya, gas 3 kg menjadi langka dan sulit diperoleh warga.

"Kita secepatnya akan memanggil pengelola pangkalan dan menyurati langsung pihak Distributor Pertamina, untuk memberi sanksi terhadap pangkalan nakal ini," tegas Ladani.

Sementara itu, Wakil Bupati Merangin, H. Mashuri meminta Disperindakop segera melakukan operasi pasar dan mengkaji lebih dalam mengapa kelangkaan gas subsidi 3 Kg bisa terjadi.

"Kelangkaan Gas Elpiji harus harus bisa diselesaikan, kasihan bagi Masyarakat yang membutkan, sebaiknya kesalahan itu tidak boleh terjadi," pungkasnya.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments