Selasa, 20 Oktober 2020

Bawaslu Merangin Ingatkan Netralitas ASN Pada Pilkada 2020


Selasa, 29 September 2020 | 16:39:03 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

BANGKO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Merangin mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bersikap netral pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur ) Pilkada 2020 ini. ASN yang kedapatan tidak netral akan diproses sesuai ketentuan Peraturan Perundang-Undangan.

"ASN kedapatan tidak netral dan ada keperpihakan tidak mengikuti sesuai petunjuk maka jangan salahkan kami akan di proses sesuai ketentuan undang undang yang berlaku," Kata Markus, anggota Bawaslu Kabupaten Merangin, Selasa (29/9/2020).

Lebih lanjut Markus mengatakan, pihaknya telah melakukan penangan pelanggaran terhadap dua orang pelaku yang diduga melanggar netralitas sebagai ASN.

"Ada dua orang pelaku saat ini yang sudah kita proses, atas nama YN dan HBS. Yang jelas mereka berdua tercatat sebagai ASN yang bertugas di Kabupaten Merangin" jelasnya.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan, ASN dilarang mengadakan kegiatan yang mengarah keberpihakan kepada calon. Diantaranya ajakan maupun seruan memilih satu pasangan calon tertentu dan bahkan di medsospun dilarang like.

Ditambahkan Markus, Bawaslu Kabupaten Merangin sudah melayangkan surat imbauan kepada Pemerintah Kabupaten Merangin terkait soal netralitas saat Pilgub Jambi 2020.

"Semua sampai kades dan camat juga sudah kita Surati terkait Netralitas ASN dan perangkat desa. Kalau di segi himbauan lain kita juga rutin lakukan sosialisasi di sosial media," ungkap Markus.

Dikatakannya lagi, Bawaslu terus melakukan pemantauan. Jika ada yang menggar kampanye tidak sesuai dengan PKPU Nomor 13 tahun 2020, maka akan kita lakukan tindakan sesuai aturan.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments