Rabu, 25 November 2020

Corona Merebak, Kunjungan Napi Diperketat


Jumat, 16 Oktober 2020 | 06:50:44 WIB


/ Istimewa

KUALATUNGKAL – Usai 31 Narapidana dan pegawai Lapas Klas II A Jambi dinyatakan positif corona, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Kuala Tungkal memperketat pengunjung yang akan menjenguk narapidana.

Kasi Binadik Lapas Klas II B Kuala Tungkal, Haszuwan Affandi mengatakan, pihaknya memperketat kunjungan para napi di lapas tersebut. Sementara ini, menjenguk para napi hanya dapat dilakukan dengan cara virtual.

"Kita sediakan nomor tertentu nanti video call dengan cara mendaftar terlebih dahulu," katanya, Kamis (15/10/2020)

Hazwen menegaskan hal itu berdasarkan peraturan Kementerian Hukum dan HAM yang baru dikeluarkan di masa pandemi ini. "Itu aturan nya ada dari kementerian kita hanya menjalankan," ujarnya.

Lebih lanjut, kata dia, setiap narapidana yang limpah dari tahanan Polres ke tahanan Lapas akan dilakukan rapid tes terlebih dahulu. Selain itu, juga dilakukan isolasi di ruangan khusus di lapas yang sudah disediakan. "Di isolasi selama 14 hari dulu," ucapnya.

Hingga saat ini dia berharap tidak ada kluster pasien positif covid-19 dari dalam lapas klas IIB Kuala Tungkal. Dia berharap langkah-langkah yang dilakukan tersebut bisa melakukan pencegahan dari penyebaran Vovid-19.

"Ini upaya kita semoga tidak ada kluster," katanya lagi.

Selain napi, saat ini sistem layanan digitalisasi sudah di lakukan sejak awal pandemi. Seperti kata dia, surat menyurat yang dilakukan melalui email bahkan juga menjenguk tahanan juga dilakukan dengan cara video call.

"Ini upaya kita lakukan," tandasnya


Penulis: eko
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments