Kamis, 29 Oktober 2020

Di Rumah Gedang, Anak Jantan dan Anak Batino Rio Mangku Bumi 'Baserau' Bulatkan Tekat Dukung Fikar-Yos


Sabtu, 17 Oktober 2020 | 19:34:12 WIB


/ kolase.metrojambi.com

 SUNGAIPENUH - Anak jantan dan anak batino dalam wilayah adat Rio Mangku Bumi Dusun Bernik, Sungai Bungkal, Kota Sungai Penuh membulatkan tekat untuk mencoblos paslon Fikar Azami-Yos Adrino di Pilwako Sungai Penuh yang dihelat 9 Desember 2020 nanti.

Hal ini diungkapkan Depati Edi Darsa, ninik mamak Rio Mangku Bumi kepada anak jantan dan anak batino di Rumah Gedang Rio Mangku Bumi Dusun Bernik.

"Kemenangan Fikar Azami-Yos Adrino kemenangan kito bersamo. Kekalahan Fikar Azami-Yos Adrino adalah kekelahan kita bersama," tegas Edi Darsa.

Untuk memenangkan Fikar Azami dan Yos Adrino, Edi Darsa mengimbau kepada masyarakat yang bedomisili di ajun arah Rio Mangku Bumi untuk mencoblos paslon nomor urut 2 tersebut.

"Anak jantan anak batino baik itu diw ilayah pahat sudut 4 dan bukan dilarik sudut 4. Baik berada di ajun arah sungai ning. Lawang agung,  lubuk arai kita pilih Fikar Azami-Yos Adrino," ujarnya

Hasmarni, anak batino Rio Mangku Bumi juga mengungkapkan hal sama. Dirinya bersama dengan anak batino Rio Mangku Bumi sepenuh hati dalam memenangkan Fikar-Yos di Pilwako Sungai Penuh.

"Kami siap memilih Fikar Azami-Yos Adrino. Apalagi, Yos Adrino adalah anak jantan Rio Mangku Bumi," ujarnya

Kakek buyut (nuyang) Yos Adrino bernama H. Agusmin adalah asli Rio Mangku Bumi. H. Amir Ahmad tokoh masyarakat dan jyga panutan Rio Mangku Bumi juga bertekat untuk memenangkan Fikar-Yos di Pilwako.

"Putih kapas dapat dilihat. Putih hati berkenyataan. Anak jantan dan anak batino rio mangku bumi memilih Fikar dan Dino tanggal 9 Desember 2020 ini," tegasnya di hadapan anak jantan dan anak batino Rio Mangku Bumi.

Calon walikota Fikar Azami mengucapkan terima kasih kepada depati ninik mamak, anak jantan dan anak batino Rio Mangku Bumi Dusun Bernik mendukung dirinya dan Yos Adrino di Pilwako Sungaipenuh.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada depati ninik mamak, anak jantan dan anak batino telah mendukung kami di Pilwako Sungai Penuh," ujarnya

Dalam pertemuan itu, dirinya juga menjelaskan alasan kenapa dirinya memilih anak jantan Rio Mangku Bumi Yos Adrino sebagai calon wakil walikota.

Calon wakil walikota Yos Adrino terharu melihat begitu antusiasnya depati ninik mamak rio mangku Bumi dalam mendukung Fikar Azami dan dirinya di Pilwako.

"Saya sangat terharu sekali. Dusanok saya dari Rio Mangku Bumi telah memberikan dukungan kepada kami bedua. Saya selaku anak jantan mengucapkan terima kasih," ujarnya.

Fikar Azami dan Yos Adrino dalam kesempatan itu juga melakukan kunjungan melihat makam nenek moyang Dusun Bernik dan Sungaipenuh tepat berada disamping rumah gedang Rio Mangku Bumi.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments