Sabtu, 28 November 2020

Pasar Induk Talang Gulo Akan Diaktifkan Siang dan Malam


Senin, 19 Oktober 2020 | 11:26:39 WIB


Walikota Jambi, Sy Fasha saat sidak Pasar Induk Talang Gulo beberapa waktu lalu
Walikota Jambi, Sy Fasha saat sidak Pasar Induk Talang Gulo beberapa waktu lalu / dok/metrojambi.com

JAMBI-Pemerintah Kota Jambi memiliki wacana untuk memfungsikan pasar Induk Talang Gulo siang dan malam. Karena saat ini pasar tersebut hanya aktif pada malam hari.

Wacana tersebut di cetuskan langsung oleh Walikota Jambi Sy Fasha beberapa waktu lalu. Rencananya para pedagang yang akan mengisi pasar siang disana nanti adalah pedagang liar yang kini berjualan dikawasan badan jalan paal 10.

Terkait wacana tersebut, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Jambi Komari mengatakan, terkait rencana tersebut pihaknya sudah melakukan rapat dengan pihak kecamatan terkait pedagang. Juga melakukan rapat dengan Dinas PUPR Kota Jambi terkait fasilitas pasar.
Kata Komari, satu hal yang sangat diperlukan jika pasar tersebut akan difungsikan siang dan malam. Yakni pembangunan akses jalan dari belakang pasar yang terhubung dengan pemukiman warga.

“Kami sudah koordinasi dengan PUPR untuk nanti ada jalan tembus ke belakang kawasan perumahan dan pemukiman di belakang pasar induk
tersebut,” kata Komari, Selasa (20/10).

Karena sebut Komari, para pedagang-pedagang tersebut bersedia pindah jika ada akses jalan belakang pasar. “Panjang jalan sekitar 1 km lebih. Ditembuskan ke pemukiman warga di belakang,” imbuhnya.

Kata Komari, selain akses jalan, juga ada beberapa fasilitas lain di pasar tersebut yang perlu dibenahi “Kalau lapak sudah cukup,” ujarnya.

Komari mengaku, untuk memfungsikan pasar induk Talang Gulo menjadi aktif siang dan malam sepertinya belum bisa dilakukan tahun ini, karena harus dilakukan pembenahan fasilitas dan akses jalan terlebih dahulu. “Tahun ini belum bisa. Tahun depan lah" pungkasnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments