Rabu, 20 Oktober 2021

Antisipasi Konflik Kerukunan Umat Beragama Jelang Pilkada, Kemenag Jambi Tingkatkan Kapasitas FKUB

Kamis, 22 Oktober 2020 | 10:36:11 WIB


Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jambi melakukan peningkatan kapasitas Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang berlangsung selama seminggu ke depan
Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jambi melakukan peningkatan kapasitas Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang berlangsung selama seminggu ke depan / Rina/Metrojambi.com

JAMBI - Jelang Pilkada serentak 9 Desember mendatang, dimungkinkan banyaknya upaya (provokasi) untuk memecah belah kerukunan umat, khususnya lintas agama.

Oleh karena itu, Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jambi melakukan peningkatan kapasitas Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang berlangsung selama seminggu ke depan.

Kepala Sub Bagian Ortala dan KUB Kemenag provinsi Jambi Wahyudi Abdul Wahab menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut menjadi wadah diskusi para tokoh agama terkait peningkatan kehidupan umat beragama bagi masyarakat Jambi.

"Kegiatan ini menjadi wahana diskusi kita mengenai moderasi beragama, pendirian rumah ibadah, langkah-langkah menghindari konflik umat beragama, termasuk adanya Desa Sadar Kerukunan," ujarnya.

Hal tersebut, menurut Wahyudi sudah menjadi tugas FKUB untuk menyosialisasikan dan menggaungkan moderasi beragama dalam upaya kerukunan umat beragama.

"Pemerintah dan masyarakat sangat menunggu kontribusi setiap tokoh agama dalam upaya menjaga kerukunan umat beragama guna kehidupan beragama yang lebih damai dan harmonis," tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Kanwil Kemenag provinsi Jambi Muhammad mengatakan, bahwa dengan kehadiran para tokoh lintas agama dapat mengantisipasi segala konflik umat beragama.

"Terutama saat ini menjelang Pilkada yang dikhawatirkan dapat berpotensi memecah belah kerukunan umat. Untuk itulah peran para tokoh agama agar berupaya mengantisipasi kemungkinan tersebut sedini mungkin dengan memberikan kesejukan kepada umat," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments