Sabtu, 28 November 2020

Jurusan Pendidikan Keolahragaan Unja Gelar Pelatihan Bela Diri di SMP Muhammadiyah 1


Rabu, 05 Agustus 2020 | 14:28:09 WIB


/ Nita Priyanti / Metrojambi.com

JAMBI - Jurusan Pendidikan Keolahragaan FKIP Universitas Jambi (Unja) melakukan sosialisasi dalam rangka pengabdian kepada masyarakat. Sosialisasi dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi sebagai sasarannya.

"Sosialisasi kita gelar dengan tema pelatihan pertahanan diri melalui bela diri praktis pencak silat," ujar Sukendro, dosen Pendidikan Keolahragaan FKIP Unja yang hadir sebagai pemateri.

"Selain penanganan cidera saat olahraga, kami memberikan semacam pelatihan pertahanan diri dengan cara bela diri pecak silat kepada siswa SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi," kata Sukendro menambahkan.

Lebih lanjut, Sukendro mengatakan dalam sosialisasi tersebut siswa dirikan pemahaman tentang cara perlindungan diri, terutama untuk wanita jika terjadi suatu kejadian yang tidak disangka-sangka.

"Seperti terjadi perampokan atau copet dan juga seperti kasus pembullyan jadi ada perlindungan diri dan perlawanan," ujarnya.

Dikarenakan saat ini masih pandemi Covid-19, Sukendro mengatakan kegiatan pelatihan tersebut hanya diwakili oleh siswa dari setiap kelas.

"Tadinya pelatihannya dengan cara mempraktekkan langsung ke seluruh siswa di tempat terbuka. Namun masih di tengah kondisi Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk mengumpulkan orang banyak jadi dibuat semacam video tutorialnya," pungkasnya.

Tim pengabdian masyarakat Jurusan Keolahragaan dan Pelatihan Unja memberikan bantuan berupa 4 buah kipas angin dinding kepada SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi.

Sementara itu, Kepala SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi, Aldi Mawardi mengatakan, pihak sekolah sangat mendukung dengan kegiatan tersebut dan berterima kasih karena telah diberikan ilmu dan cara penanganan pada saat cidera kepada siswa.

"Berharap untuk kedepannya kerjasama bisa terus dilanjutkan," katanya.


Penulis: Nita Priyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments