Kamis, 26 November 2020

Walikota Fasha Sidak Lahan Sport Center dan Tinjau Pasar

Minta Pasar Induk Diaktifkan Siang Malam

Senin, 07 September 2020 | 16:54:27 WIB


Walikota Sy Fasha saat sidak pembangunan pasar
Walikota Sy Fasha saat sidak pembangunan pasar / istimewa

JAMBI- Wali Kota Jambi Sy Fasha mengecek beberapa pekerjaan fisik yang didanai menggunakan APBD 2020, Senin (7/9). Beberapa proyek fisik yang ditinjau antara lain adalah Pasar Kito, fasilitas terminal barang di Pal 10, Pasar Induk Talang Gulo, dan rencana pembangunan sport center di Balai Benih Holtikultura yang berada di wilayah Bagan Pete, Alam Barajo Kota Jambi.

Wali Kota Jambi, Sy Fasha mengatakan bahwa pembangunan Pasar Kito yang berlokasi di Pasir Putih, Jambi Selatan ini akan dapat menampung sebanyak 100 pedagang lebih. Nantinya, akan diprioritaskan untuk pedagang yang berada di sekitaran Pasir Putih, Jambi Selatan yang selama ini berjualan di tempat yang tidak resmi. “Selama ini warga berjualan dipasar swasta, kadangkala bikin macet. Makanya kita bangunkan pasar disini supaya lebih tertib, pedagang akan kita pindahkan tahun ini juga. Karena bangunan pasar ini sebentar lagi akan selesai,” kata Fasha.

Saat ini proses pembangunannya sudah berjalan dan hampir selesai. Nantinya akan dilengkapi dengan akses jalan keluar masuk dan lokasi parkir serta tempat pembuangan limbah. Pasalnya, lokasi pasar tersebut berada di jalan arah menuju bandara. Sehingga pada jam-jam tertentu sangat padat kendaraan yang melintas. “Nanti juga akan kita pasang rambu dilarang parkir disana. Supaya tidak ganggu para pengendara,” katanya.

Selain meninjau Pasar Kito, Fasha juga meninjau fasilitas terminal barang di Pal 10, sekaligus meninjau Pasar Induk Talang Gulo. Saat sidak, Fasha melihat pemanfaatan pasar Induk Talang Gulo tersebut belum maksimal. Ia meminta agar dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk memaksimalkan pengelolaan pasar tersebut. “Saya melihat ini hanya digunakan pada malam hari saja, kita minta nanti supaya dipakai juga pada siang hari. Kita berdayakan pedagang-pedagang yang ada di sepanjang jalan Pangeran Hidayat hingga Pal 10 ini. Kita minta mereka pindah kesini, supaya lebih tertib,” katanya.

Selanjutnya adalah peninjauan lokasi yang akan dibangun sport center yang terletak di Balai Benih Holtikultura yang berada di wilayah Bagan Pete, Alam Barajo Kota Jambi. “Setelah saya lihat ternyata dibelakangnya itu ada kolam retensi, Insya Allah sport center ini akan kita bangun tahun depan, dengan menggunakan dana pinjaman dari PT SMI,” kata Fasha.

Kata Fasha, ada dua opsi lahan yang akan digunakan untuk pembangunan sport center ini, yaitu di Balai Benih Ikan seluas 3,5 hektare dan Balai Benih Holtikultura seluas 15 hektare. Nantinya akan dipilih sesuai dengan kebutuhan dan perencanaan. “Kita tanya dulu standar minimalnya berapa. Jangan kita paksakan, kalau sudah teranggarkan ternyata tidak bisa.

Kalau jadi di Balai Benih Holtikultura ini nantinya bisa kita pakai juga untuk olahraga Dayung, karena ada kolam retensinya,” katanya. Sementara itu, Kabid Cipta Karya DPUPR Kota Jambi, Momon sebelumnya mengatakan bahwa khusus untuk sport center tersebut direncanakan akan dibangun menggunakan dana pinjaman dari PT SMI. Diperkirakan akan menelan anggaran sebesar Rp80 miliar.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments