Sabtu, 28 November 2020

Sudirman : Tingkatkan Minat Baca, Pemprov Adakan Lomba


Kamis, 17 September 2020 | 17:06:23 WIB


/ istimewa

JAMBI – Penjabat Sekretaris Daerah (Pj.Sekda) Provinsi Jambi, H.Sudirman,SH.,MH., mengemukakan, sebagai salah satu upaya Pemerintah Provinsi Jambi dalam meningkatkan dan membudayakan kegemaran membaca masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi mengadakan lomba lomba terkait perpustakaan. Hal tersebut dikemukakan Sudirman pada Penyerahan Hadiah Lomba Perpustakaan dan Kepustakawanan Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2020, yang berlangsung di Grand Hotel Jambi, Kamis (17/09).

Ada beberapa kategori dalam lomba perpustakaan dan kepustakawanan tingkat Provinsi Jambi tersebut, yaitu: Lomba bercerita bagi siswa siswi sekolah dasar / madrasah ibtida’iyah, Lomba perpustakaan umum (Desa/Kelurahan) terbaik, Lomba pemilihan pustakawan berprestasi terbaik dan Lomba perpustakaan SLTA terbaik.

“Kegiatan ini akan terus kita laksanakan sebagai upaya Pemerintah Provinsi Jambi dalam membudayakan kegemaran membaca dan menulis, khususnya para generasi muda dengan harapan kedepannya akan memiliki generasi penerus bangsa yang cerdas dan bermartabat,” ujar Sudirman.

“Upaya ini akan kita lakukan secara berkesinambungan untuk menumbuhkan dan mengembangkan kegemaran membaca dan menulis dikalangan masyarakat, dengan turut melibatkan seluruh elemen, baik itu dari pemerintah, pemangku kepentingan, swasta dan masyarakat itu sendiri,” tambah Sudirman.

Lebih lanjut, Sudirman menuturkan, seperti yang telah tercantum Undang Undang nomor 43 Tahun 2007, upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pembudayaan kegemaran membaca dapat melalui 3 jalur, yaitu keluarga, satuan pendidikan dan yang terakhir adalah dengan memanfaatkan perpustakaan.

“Perpustakaan merupakan salah satu lembaga pendukung pendidikan bagi masyarakat, karena sudah menjadi kewajiban bagi perpustakaan untuk menyediakan berbagai informasi bagi masyarakat. Jadi, perpustakaan harus selalu berusaha untuk meningkatkan keragaman dan kualitas koleksi yang ada, serta meningkatkan layanan kepada masyarakat,” tutur Sudirman.

“Selain itu, perpustakaan daerah juga harus memberikan motivasi dan apresiasi terhadap penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan yang ada di sekolah, Desa maupun Kelurahan sebagai upaya dalam mengembangkan perpustakaan dan meningkatkan minat baca masyarakat. Kegiatan ini merupakan bentuk nyata Pemerintah Provinsi Jambi dalam memberikan motivasi dan apresiasi terhadap perpustakaan dan para pustakawan,” tutup Sudirman.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi, H.Syamsurizal,SE.,M.Si melaporkan, kegiatan perlombaan tingkat Provinsi Jambi ini telah berlangsung mulai dari bulan Mei s/d Juni 2020 , sedangkan lomba pustakawan terbaik tingkat Provinsi Jambi berlangsung mulai dari tanggal 25 s/d 27 Agustus 2020. “Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat, khususnya generasi muda dan pustakawan di Provinsi Jambi, sebagai bentuk motivasi dan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jambi,” kata Syamsurizal.

Syamsurizal mengungkapkan, tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut, pertama adalah untuk lebih menumbuh kembangkan minat baca dikalangan masyarakat Provinsi Jambi, kedua adalah meningkatkan motivasi dan etos kerja pustakawan yang ada di Provinsi Jambi.

“Kita juga mengharapkan, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan motivasi kinerja perpustakaan umum dalam memenuhi dan melayani masyarakat dalam memberikan informasi, serta meningkatkan kinerja dan mutu pengelolaan perpustakaan yang ada di Provinsi Jambi,” ungkap Syamsurizal


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments