Rabu, 25 November 2020

Antisipasi Lonjakan Penumpang Saat Libur Panjang, Dishub akan Pantau Terminal


Senin, 26 Oktober 2020 | 11:50:38 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Pemerintah telah menetapkan cuti bersama pada Rabu (28/10/2020) dan Jumat (30/10/2020), sementara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Kamis (29/10/2020). Artinya, akhir bulan ini menjadi pekan libur panjang yang kemungkinan dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk berlibur.

Guna memastikan apakah terjadi lonjakan penumpang dan kendaraan jalur darat selama libur panjang tersebut, maka pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi akan melakukan monitoring.

"Dishub nanti monitoring selama libur dan cuti bersama secara mobile untuk memantau di terminal, loket-loket maupun jembatan jalur lintas," ujar Wing Gunariadi selaku Kabid Perhubungan Darat Dishub Provinsi Jambi, Senin (26/10/2020).

Ditanyakan apakah bakal terjadi lonjakan saat libur panjang nanti, Wing memprediksi tidak mengalami kenaikan. “Prediksi jumlah kendaraan yang beroperasi saya rasa tidak begitu signifikan karena kondisi saat ini kita masih menghadapi wabah Covid-19,” katanya.

Kendati demikian, Wing menyebut jika pemerintah tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan agar tidak adanya cluster baru penambahan Covid-19.

“Kita mengharapkan atau menghimbau kepada masyarakat pengguna jasa untuk juga mematuhi 3M,” pintanya.

Pemprov Jambi sendiri juga telah mengantisipasi agar tak terjadinya klaster baru dan lonjakan kasus Covid-19 di libur panjang akhir Oktober nanti, dengan mengimbau masyarakat Jambi untuk mengisi libur panjang ini dengan kegiatan yang produktif di rumah dan lingkungan masing-masing, terutama hindari kerumunan.

Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Jambi Restuardy Daud menekankan agar protokol kesehatan harus diterapkan. Selain itu juga disiapkan langkah operasional, antara lain pelayanan kesehatan harus tetap siaga, pengaktifan pos pengawasan di perbatasan provinsi Jambi dengan provinsi tetangga, mengantisipasi kemacetan akibat meningkatnya lalu lintas dan kemungkinan bencana, serta mendorong tempat-tempat wisata menerapkan protokol kesehatan dengan baik.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments