Jumat, 22 Oktober 2021

Digelar Desember, Wisuda UIN STS Jambi akan Digelar Semi Virtual

Rabu, 04 November 2020 | 16:20:24 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI – Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin (UIN STS) Jambi kembali akan menggelar wisuda sarjana, magister, dan doktor untuk periode Desember 2020.
Berdasarkan Surat Edaran Nomor surat B-2742/Un.15/pp.009/WR.1/11/2020, disebutkan jika pendaftaran wisuda dibuka mulai 3 hingga 19 November 2020.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN STS Jambi, Dr. Rofiqoh Ferawati mengatakan, pelaksanaan wisuda nantinya akan mengikuti jadwal dan sesuai kalender akademik. Sama seperti pelaksanaan wisuda sebelumnya, Rofiqoh mengatakan untuk wisuda Desember annti juga akan dilaksanakan secara semi virtual.

" Kalau wisuda mengenai online atau offline kita merujuk kepada surat edaran Kementerian Agama yang merupakan tindak lanjut dari SKB (surat keputusan bersama) empat menteri," kata Rofiqoh, Rabu (4/11/2020).

"Inti dari surat edaran ini adalah model pembelajaran pada perguruan tinggi agama Islam pada semua zona untuk mata kuliah teori dan mata kuliah praktik itu dilaksanakan dengan cara daring. Maka karena wisuda merupakan bagian dari sistem pembelajaran maka akan kita laksanakan dengan semi virtual," ujarnya menambahkan.

Dikatakannya lagi, metode wisuda semi virtual ini dianggap yang terbaik karena ada keterwakilan dari mahasiswa yang melaksanakan wisuda secara langsung dengan tetap menaati standar protokol kesehatan.

Rofiqoh juga mengatakan mengenai sistem pelaksanaan dan jadwal nanti akan diputuskan dalam sidang senat yang akan digelar dalam waktu dekat.

"Namun karena wisuda itu juga ranahnya senat terbuka, ini akan dibawa ke rapat senat. Jadi nanti yang memutuskan adalah senat, termasuk mengenai waktu wisuda," ujarnya.

Ditambahkan Rofiqoh, menurut jadwal wisuda akan digelar pada 22 Desember nanti. Namun ia belum bisa memastikan apakah nantinya wisuda akan dilaksanakan sesuai jadwal atau ada pergeseran jadwal.

"Sejauh ini belum bisa dipastikan apakah wisuda akan dilaksanakan tepat pada jadwalnya atau akan diundur. Semuanya akan diketahui setelah rapat senat namun sejauh ini dari pihak akademik tetap berpedoman pada kalender akademik yang menunjukkan bahwasanya wisuda akan dilaksanakan pada bulan Desember," pungkasnya.


Penulis: Nita
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments