Rabu, 25 November 2020

Cari Tempat yang Nyaman dan Selalu Disiplin, Kiat Belajar di Tengah Pandemi


Kamis, 19 November 2020 | 10:40:35 WIB


/ Metrojambi.com

 JAMBI - Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama delapan bulan terakhir di Indonesia, menyebabkan sebagian besar kegiatan nyaris dilakukan dari rumah.

Dampak penyebaran pandemi ini, mengharuskan setiap orang menjaga jarak, termasuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Kalaupun harus beraktivitas di luar rumah, setiap orang harus selalu mengenakan masker dan rajin mencuci tangan.

Bagi para pelajar, belajar dari rumah atau melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ), tentunya menjadi tantangan tersendiri. Sebab, selama ini proses belajar dilakukan dengan cara tatap muka di sekolah.

Untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan efektif, tentunya perlu disiapkan beberapa hal. Seperti yang dilakukan Sahasika Putri Neisya, pelajar kelas XI SMAN Titian Teras Abdurrahman Sayoeti Jambi.

Echa-sapaan akrabnya, mengaku diawal belajar di rumah pada Maret lalu, ia sempat merasa bosan. Apalagi hal itu dilakukan hampir setiap hari.

Namun, karena kondisi seperti ini memang harus dijalani, Echa kemudian mencoba beberapa cara agar kegiatan belajar dari rumah ini tetap menyenangkan dan tida membuat bosan.

‘’Awalnya bosan, karena biasanya bertemu guru dan teman sekolah. Tapi karena pandemi Covid-19, semua kegiatan belajar harus dilakukan dari rumah,’’ ujar remaja putri yang doyan ngemil ini.

Namun, setelah beberapa bulan berjalan, Echa mencoba membuat agar belajar tetap berjalan dengan nyaman.

‘’Saya coba belajar dengan mencari suasana yang nyaman. Sebab, suasana yang nyaman menurut saya bisa menunjang semangat belajar. Jadi, belajar tidak mesti selalu di kamar, beberapa tempat lainnya di rumah bisa dijadikan lokasi belajar yang nyaman,’’ ungkapnya.

Selain tempat yang nyaman, dirinya juga mendisplinkan diri agar selalu berusaha belajar seperti saat berada di kelas.

‘’Biasanya kan belajar di sekolah pagi hari. Nah, saat pagi itulah, saya manfaatkan waktu untuk belajar. Pokoknya saya berusaha mendisiplinkan diri, sama seperti ketika belajar di kelas,’’ katanya.

Kiat lainnya yang dilakukan saat mengikuti proses pembelajaran jarak jauh, kata Echa adalah, belajar bersama beberapa teman sekolah.

‘’Kalau belajar dengan teman, kan nambah semangat dan bisa saling bantu. Sesekali, saya dan teman juga melakukan olahraga ringan, seperti joging atau bersepeda agar badan tetap sehat,’’ kata Echa lagi.

Feri Irawan, S.Pd, guru bidang studi TIK di SMAN 3 Jambi menambahkan, agar siswa tida bosa belajar di rumah, dirinya juga menganjurkan agar mencari tempat belajar yang membuat anak rileks atau mengganti suasana lain yang ada di sekitar rumah.

‘’Buat senyaman mungkin, jadi belajar tidak bosan,’’ jelasnya.

Selain mengikuti pelajaran, kata  Feri, buatlah kegiatan sesuai dengan hobi pada saat waktu luang, seperti berolahraga, melukis atau karya seni lainnya.

‘’Atau bisa juga membuat kelompok kecil belajar untuk berdiskusi, yang pasti tidak lepas dari penerapan protokol kesehatan,’’ tambahnya.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments