Sabtu, 28 November 2020

Gelar Simulasi Pilkada, KPU Tanjabtim Terapkan Prokes


Minggu, 22 November 2020 | 06:14:07 WIB


/ Metrojambi.com

 MUARASABAK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) telah menyiapkan alur pencoblosan secara aman dan sehat di tengah pandemi Covid-19 di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hal ini terlihat pada simulasi pencoblosan Pilkada serentak 9 Desember 2020 di salah satu TPS di Kelurahan Pandan Jaya, Kecamatan Geragai, Sabtu (21/11/2020).

Komisioner KPU Tanjabtim Abd. Haris mengatakan, simulasi itu akan menjadi tutorial ideal pelaksanaan pemungutan suara di TPS yang mengacu pada protokol kesehatan (prokes) sesuai ketentuan yang ada.

"Salah satunya dengan menerapkan simulasi protokol kesehatan yang cukup ketat bagi pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya nanti. Mengingat pada 9 Desember 2020 pemilihan kepala daerah akan dilakukan di sejumlah wilayah kabupaten/kota di Provinsi Jambi," ujarnya.

Kordiv Teknis KPU Tanjabtim ini menuturkan, TPS sehat adalah TPS yang memperhatikan protokol kesehatan. Setiap pemilih diberikan jarak duduk minimal satu meter dan ada tempat cuci tangan, thermo gun, hand sanitizer, dan sarung tangan plastik bagi pemilih.

"Sedangkan petugas akan diberikan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker medis, face shield, sarung tangan dan hand sanitizer," tuturnya.

Dalam simulasi ini turut dihadiri oleh Bawaslu Kabupaten Tanjung Jabung Timur, badan Ad-Hoc KPU, pihak aparat hingga perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Tanjabtim.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments