Kamis, 21 Januari 2021

Jeruk Keprok Pulau Tengah Kerinci Semakin Langka


Selasa, 24 November 2020 | 11:54:57 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

KERINCI - Kabupaten Kerinci sejak dulu terkenal sebagai penghasil komoditi buah jeruk keprok yang berkualitas. Jeruk Keprok asal Kabupaten Kerinci ini sangat dikenal oleh kalangan wisatawan yang berkunjung ke Kerinci.

Itulah kisah Jeruk Keprok Pulau Tengah yang semakin hilang dari peradaran di masyarakat Kerinci sendiri.

Jeruk Keprok Pulau Tengah ini merupakan varietas unggul lokal jeruk asal kabupaten Kerinci. Awalnya jeruk keprok ini ditemukan di Desa Pulau Tengah, Kecamatan Keliling Danau. Namun keberadaannya kini sudah langka dan sulit ditemui lagi di kabupaten Kerinci.

Terkait hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Kerinci melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kerinci terus melakukan pengembangan tanaman lokal kerinci. Salah satunya jeruk keprok Pulau Tengah.

Untuk pengembangan tanaman lokal kerinci ini Dinas TPH Kerinci pada tahun 2020 ini mempogramkan pembangunan screen house untuk pembibitan jeruk keprok pulau tengah yang merupakan jeruk lokal Kerinci.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Kerinci, Radium Khalis mengatakan saat ini jeruk keprok Pulau Tengah Kerinci sangat sulit ditemukan, karena kebanyakan petani kerinci saat ini menanam jeruk madu dan gerga.

"Mungkin masa panen jeruk dari luar ini lebih cepat dari jeruk lokal, makanya banyak petani yang beralih menanam jeruk dari luar," ujar Kadis TPH Kerinci, Radium Khalis.

Jadi untuk pengembangan jeruk lokal kerinci ini, lanjut Radium Khalis, pihaknya memprogramkan pembangunan screen house untuk pembibitan jeruk keprok pulau tengah yang merupakan jeruk lokal Kerinci yang mempunyai aroma dan cita rasa yang khas.

"Dengan dibangunnya Screen House ini diharapkan pada tahun 2022 jeruk keprok pulau tengah bisa kembali berkembang dan berproduksi di Kerinci," ujarnya.

"Dengan berproduksi kembali jeruk lokal ini, kita berharap mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan penangkar dan petani jeruk keprok pulau tengah," pungkasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments