Sabtu, 16 Januari 2021

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi Ikuti Lomba Bertutur Tingkat Nasional


Selasa, 08 September 2020 | 09:14:52 WIB


Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi, Samsurizal saat mendampingi peserta lomba bertutur
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi, Samsurizal saat mendampingi peserta lomba bertutur / Metrojambi.com

 JAMBI - Meski dengan segala keterbatasan di tengah pandemi Covid-19, Dinas Perpustakan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi tetap optimis mengikuti lomba bertutur bagi siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) sederajat tingkat nasional tahun 2020 secara virtual.

Tema lomba tentang "Merdekakan dirimu dari kebodohan dan kemiskinan dengan membaca" ini diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, berlangsung pada tanggal 7 hingga 11 September 2020, dengan di ikuti oleh 34 peserta perwakilan dari masing-masing provinsi.

Dari Provinsi Jambi, lomba bertutur ini diwakili oleh siswa SD Islam Al Falah II Kota Jambi atas nama Rifhan Hijazi.

Pada hari pertama lomba ini, Provinsi Jambi mendapat kesempatan tampil dengan undian nomor urut 3 dengan judul bertutur "Tung tung gangsing" yang merupakan cerita rakyat dari kabupaten Tebo. Dimana penampilan bertutur oleh Rifhan Hijazi ini penuh penghayatan ditambah dukungan properti rebana dan gangsing.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah provinsi Jambi Syamsurizal yang turut menyaksikan menyampaikan, bahwasanya lomba bertutur ini sudah menjadi agenda tahunan.

"Untuk yang mewakili di tingkat nasional ini merupakan siswa yang berhasil menang pada tingkat kabupaten beberapa waktu lalu," ujarnya, Selasa (8/9/2020).

Syamsurizal pun berharap tahun ini perwakilan dari Jambi dapat memenangkan lomba, karena sepanjang sejarah provinsi Jambi hanya pernah sekali menang lomba bertutur yakni pada tahun 2012 lalu.

"Dengan lomba ini semoga apat memotivasi siswa untuk gemar membaca," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments