Sabtu, 15 Mei 2021

Kapal Tungkal Samudra akan Dilelang dengan Harga Tidak Sampai Rp 1 Miliar


Minggu, 29 November 2020 | 22:28:58 WIB


Pengecekan kondisi Kapal Tungkal Samudra beberapa waktu lalu
Pengecekan kondisi Kapal Tungkal Samudra beberapa waktu lalu / dok.metrojambi.com

 KUALATUNGKAL - Kapal Tungkal Samudra yang dibeli seharga Rp 14 miliar akan segera dilelang oleh Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar). Diperkirakan nilai lelangnya tidak mencapai Rp 1 miliar.

Kepala BPKAD Kabupaten Tanjabbar Rajiun Sitohang mengatakan, kondisi kapal tersebut saat ini sudah sangat tidak layak.

"Kalau kondisi memang sudah tidak layak, itu kalo diinjak saja sudah tenggelam kita," ungkap Rajiun, Minggu (29/11/2020).

Ditambahkan Rajiun, berdasarkan hasil pengecekan ke Gresik, Jawa Timur, kondisi Kapal Tungkap Samudra sudah tidak layak untuk digunakan sebagai alat transportasi laut.

Lebih lanjut, Rajiun mengatakan pihaknya akan menjual aset kapal yang kini jika di jual nilai taksirannya tidak sampai Rp 1 miliar. Rajiun menyebutkan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) ke Gresik untuk melakukan penghitungan nilai kapal.

"Nanti kita akan ajak KPKNL untuk menilai berapa nilai harganya," ujarnya.

Rajiun menjelaskan kondisi kapal saat ini sudah rusak. Kapal ini saat ini hanya tersisa besi dan mesinnya saja. Sedangkan, untuk Viber nya sudah usang alias hancur.

"Karena memang tinggal besi. Mesinnya masih ada. Kalo yang lain, badannya itu kan dari viber sudah hancur. Jadi nanti semoga besi-besi itu kejual, ya setidaknya Rp100 juta lah. Tapi kita lihat nanti KPKNL menilainya," tandasnya.


Penulis: Eko Siswono
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments