Senin, 17 Mei 2021

BMKG Imbau Penyaluran Logistik Pilkada 2020 Dilakukan Pagi Hari


Selasa, 01 Desember 2020 | 11:24:01 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi mengimbau KPU setempat mendistribusikan logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada pagi hari karena pada saat itu kondisi cuaca cenderung cerah berawan.

"Karena masih berada di musim hujan, waktu pendistribusian logistik pilkada sebaiknya ditentukan pada pagi sampai siang hari karena kondisi cuaca pada saat itu cenderung cerah dan berawan," kata Kepala BMKG Jambi Ibnu Sulistyono di Jambi, Senin.

Begitu pula dengan pelaksanaan pemungutan suara. Sebaiknya menjelang sore hari pemungutan suara sudah rampung dilaksanakan. Hal itu karena pada sore hari cenderung terjadi turun hujan.

Dijelaskan Ibnu Sulistyono, kondisi tersebut dipengaruhi oleh kondisi topografi Jambi. Untuk waktu musim hujan puncaknya terjadi saat menjelang sore hari dan malam hari.

"Terkecuali untuk wilayah pesisir pantai, biasanya terjadi sampai malam hingga dini hari seperti di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur," kata Ibnu Sulistyono.

Sementara itu, menurut BMKG, pada Desember 2020 ini Jambi memasuki puncaknya musim hujan. Sampai dengan 30 November 2020, Jambi sudah mulai memasuki puncak musim hujan.

Pada dasarian pertama Desember 2020 ini, sifat curah hujan di beberapa daerah di Provinsi Jambi pada umumnya menengah dan tinggi. Dan sifat hujan-nya normal dan di atas normal.

"Curah hujan yang sifatnya menengah itu terjadi di sekitar wilayah Kabupaten Batanghari dan Kota Jambi," kata Ibnu Sulistyono.

Sementara pada dasarian kedua hingga akhir Desember beberapa wilayah di Jambi sifat curah hujan-nya tinggi. Diantaranya di wilayah Barat Jambi dan Timur Jambi.

Khususnya di wilayah Kabupaten Kerinci, Merangin dan Sarolangun. Kemudian sebagian wilayah Kabupaten Tebo dan Tanjab Timur.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments