Minggu, 17 Januari 2021

Bawang Putih Jangkiriah Adro dari Kerinci akan Menjadi Varietas Unggul Nasional


Selasa, 08 Desember 2020 | 06:44:43 WIB


/ kolase.metrojambi.com

 KERINCI - Pemerintah Kabupaten Kerinci melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kerinci, Jumat (4/12/2020), menyerahkan proposal dan kelengkapan dokumen pendaftaran varietas Bawang Putih Jangkiriah Adro untuk komersialisasi ke Sekretariat Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) Kementerian Pertanian.

Setelah menyerahkan proposal, Bupati Kerinci Adirozal beserta tim pendaftaran varietas Bawang Putih Jangkiriah Adro dari BPTP Balitbangtan Jambi, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kerinci, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi dan UPTD BPSPT Provinsi Jambi, bertemu dengan Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian yang diwakili oleh Sekretaris Dirjen Hortikultura Dr. Retno Mulyandari.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kerinci, Radium Khalis membenarkan dirinya bersama dengan Bupati Kerinci Adirozal sudah menyerahkan proposal dan kelengkapan dokumen pendaftaran varietas Bawang Putih Jangkiriah Adro untuk komersialisasi ke Sekretariat Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) Kementerian Pertanian.

"Pak Bupati langsung yang menyerahkan setelah sidang varietas padi payo yang kerjasama dengam BATAN," kata Radium saat dikonfirmasi, Selasa (8/12/2020).

Radium menyebutkan, untuk sidang pendaftaran varietas bawang putih Jangkiriah adro akan dilaksanakan tanggal 20 Desember 2020 mendatang. "Semoga semua persyaratan dan dokumen yang sudah diberikan bisa meloloskan Bawang Putih Jangkiriah Adro dari Kerinci menjadi varietas unggul nasional," ujarnya.

Ditambahkan Radium, pihak Kementrian senang sekali dengan usulan dari kerinci tentang pelepasan varietas bawang putih, karena hampir 25 tahun tidak ada pelepasan vareatas ini.

"Untuk saat ini program pengembangan bawang putih merupakan program unggulan Kementrian Pertanian, dalam upaya mengatasi inport bawang putih dari cina, banyak keunggulan dari bawang putih kerinci ini, apalagi baunyo sangat menyengat," pungkasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments