Selasa, 26 Oktober 2021

Gandeng Komisi IX DPR RI, BKKBN Gulirkan Program Bantuan Covid-19

Minggu, 13 Desember 2020 | 21:55:28 WIB


Suasana sosialisasi program BKKBN. Sosialisasi ini juga dirangkai dengan pemberian bantuan Covid-19.
Suasana sosialisasi program BKKBN. Sosialisasi ini juga dirangkai dengan pemberian bantuan Covid-19. /

 JAMBI - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggulirkan sejumlah program bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Selain mensosialisasikan berbagai program menuju keluarga berkualitas, BKKBN juga mengajak anggota Komisi IX DPR RI, Saniatul Lativa membagikan paket sembako untuk warga.

"Di masa pandemi Covid-19 ini, pemerintah tetap hadir bersama masyarakat, membantu menghadapi bencana ini," ujar Saniatul, Kamis (3/12/2020).

Saat bertemu dengan warga di Kecamatan Tebo Ulu, Kabupaten Tebo, Jambi, Saniatul juga mengatakan, bentuk perhatian pemerintah dalam masa pandemi Covid-19 ini antara lain melalui pembagian paket sembako untuk warga.

Ia berharap bantuan yang diberikan bisa meringankan beban warga. Sejumlah bantuan yang diberikan dalam acara itu di antaranya sembako sebanyak 850 paket. Bantuan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Kita rangkai dengan sosialisasi keluarga berkualitas, kita juga serahkan bantuan sosial. Sekaligus memastikan bantuan ini sampai ke tangan masyarakat," tuturnya.

Saniatul juga mengungkapkan, Komisi IX menjadi mitra kerja beberapa instansi pemerintah seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, BKKBN, dan BPJS Kesehatan.

Bersama BKKBN, lanjutnya, beberapa program yang digulirkan antara lain program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang kini dikemas dalam istilah baru menjadi Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana disingkat 'Bangga Kencana'.

Program 'Bangga Kencana' adalah wujud dari upaya pemerintah melaksanakan kebijakan pembangunan keluarga melalui peningkatan 8 kualitas penduduk yang diukur dengan peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, kebijakan kependudukan melalui aspek pengendalian kuantitas penduduk, dan Keluarga Berencana.

"Ini sangat baik, tentu dalam rangka meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku keluarga dan masyarakat untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas," ucap politikus dari Partai Golkar itu.

"Melalui program ini kami menyiapkan keluarga yang berkualitas, termasuk bagaimana warga bisa menghadapi pandemi Covid-19," sambungnya.

Dalam kesempatan bertemu dengan warga itu, Saniatul pun tak henti mengajak segenap masyarakat mematuhi protokol kesehatan guna menekan laju pertumbuhan Covid-19.

"Ayo patuhi protokol kesehatan Covid-19. Kita tahu bahwa sampai saat ini pandemi masih belum berakhir di Indonesia. Untuk itu mari patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker saat di luar rumah dan jaga jarak satu sama lain saat dalam sebuah perkumpulan," imbaunya.

Sementara itu, Zulfikri Arif, Managing Director PT Solindo Duta Praga, selaku Event Organizer dalam sejumlah Program Keluarga BKKBN berharap, sosialisasi dan juga bantuan yang telah diberikan BKKBN beserta Komisi IX DPR dapat bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami melihat komitmen BKKBN untuk terus melakukan sosialisasi mengenai pentingnya Keluarga Berencana demi menwujudkan keluarga Indonesia yang sejahtera cukup besar. Kami berharap program-program baik itu berupa pelatihan, sosialisasi atau bantuan dapat bermanfaat bagi masyarakat," ucapnya.

Menurut Zulfikri apa yang dilakukan BKKBN saat ini menandakan negara hadir dalam mewujudkan keluarga Indonesia yang sejahtera. "Ini bagian dari upaya pemerintah menjadikan masyarakatnya sejahtera," pungkasnya. 


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments