Selasa, 26 Oktober 2021

Tahun Depan, Anggaran Perjalanan Dinas Luar Pejabat Dipangkas 

Senin, 28 Desember 2020 | 16:30:28 WIB


Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto / istimewa

JAMBI - Terhitung mulai Januari 2021 para pejabat dipastikan gigit jari. Pasalnya anggaran perjalanan dinas luar (DL), khususnya di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi mengalami penurunan drastis. 

Jika biasanya setiap pejabat melakukan DL akan mendapat dana perjalanan mencapai jutaan per hari, maka mulai Januari 2021 sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 33 Tahun 2020, salah satunya mengatur dana DL sekitar hanya Rp 380 ribu per hari.

Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. “Betul. Kita ikuti Perpres 33, berlaku untuk seluruh baik eksekutif maupun legislatif," ujarnya, Senin (28/12/2020). 

Ditanyakan apakah dengan dana perjalanan dinas yang kecil akan membuat para pejabat malas dinas luar untuk mengejar dana pusat, politisi partai PDIP itu optimis pejabat tidak akan kendur dalam mengejar dana pusat meski uang DL kecil.

“Menurut saya tidak demikian, karena menyangkut tugas dan tanggung jawab,” kata Edi.

Dengan adanya pemangkasan dana dan dianggarkan lebih kecil, maka anggaran sebelumnya Edi mengatakan diperuntukkan untuk mendorong Indikator kinerja utama Jambi tuntas 2021.

“Permendagri nomor 60 memberikan arahan prioritas anggaran untuk pemulihan ekonomi, Kesehatan dan Pendidikan," tandasnya. 


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments