Jumat, 23 April 2021

Kenaikan Harga Cabai Jadi Penyumbang Inflasi Kota Jambi dan Muara Bungo Desember 2020


Rabu, 06 Januari 2021 | 11:39:33 WIB


ilustrasi
ilustrasi / dok/metrojambi.com

JAMBI - Bulan Desember 2020, Kota Jambi mengalami inflasi sebesar 0,72 persen dan Muara Bungo inflasi sebesar 0,56 persen.

Komoditas utama terhadap inflasi kedua daerah ini adalah cabai merah dan cabai rawit. Sedangkan untuk Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Jambi sebesar 106,23 dan Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Muara Bungo tercatat sebesar 105,94.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi Wahyudin mengatakan, inflasi di Kota Jambi terjadi pada lima kelompok pengeluaran, yaitu kelompok makanan minuman dan tembakau sebesar 2,33 persen, kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,02 persen.

Kemudian kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,04 persen, serta kelompok kesehatan sebesar 0,01 persen dan kelompok transportasi sebesar 0,46 persen.

"Komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya inflasi Kota Jambi bulan Desember 2020 ini antara lain cabai merah, cabai rawit, angkutan udara, telur ayam ras, ketimun, sawi hijau, cabai hijau, bayam, ikan lele dan jengkol," ujarnya, Selasa (6/1/2021).

Hal tersebut juga dibuktikan dengan terjadinya kenaikan harga cabai yang cukup signifikan di sejumlah pasar tradisional di Jambi yang berlangsung sejak awal Desember 2020 lalu.

Sedangkan untuk inflasi di Muara Bungo, Wahyudin menyampaikan terjadi pada enam kelompok pengeluaran barang dan jasa karena adanya kenaikan indeks, yaitu kelompok makanan minuman dan tembakau sebesar 1,94 persen, kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,32 persen.

Lalu kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,04 persen, kelompok perlengkapan peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,09 persen, kelompok transportasi sebesar 0,05 persen serta kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,12 persen.

"Sama dengan di Kota Jambi, komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya inflasi Muara Bungo juga yang pertama adalah cabai merah, cabai rawit, telur ayam ras, ketimun, kangkung, bayam, ikan tongkol/ikan ambu-ambu, kacang panjang, jengkol dan jeruk," ujar Wahyudin.

Diketahui laju inflasi tahun kalender dan inflasi year on year yang terjadi pada Bulan Desember adalah sama, dimana Kota Jambi sebesar 3,09 persen dan Muara Bungo sebesar 2,32 persen.

Untuk perbandingan inflasi dari 24 kota se-Sumatera yang menghitung IHK, Wahyudin mengatakan seluruh kota di Sumatera mengalami inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Gunung Sitoli sebesar 1,87 persen dan terendah terjadi di Kota Bengkulu sebesar 0,14 persen.

"Kalau Kota Jambi dan Muara Bungo berada pada urutan ke-12 dan ke-18 antar kota se-Sumatera," tandasnya.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments