Senin, 8 Maret 2021

Waspadai Gelombang Tinggi, Nelayan Tanjabbar Diminta Lengkapi Alat Pelindung Diri


Selasa, 12 Januari 2021 | 12:10:31 WIB


ilustrasi nelayan
ilustrasi nelayan / dok/metrojambi.com

KUALA TUNGKAL - Nelayan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) diminta untuk mewaspadai gelombang tinggi di wilayah pesisir Provinsi Jambi yang diprediksi bisa mencapai ketinggian 2,5 meter.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjabbar, Zulfikri mengatakan, pihaknya mengimbau para nelayan untuk lebih waspada, karena saat ini gelombang tinggi menjadi ancaman serius.

"Nelayan harus selalu waspada. Tinggi gelombang bisa sampai dua setengah meter. Untuk itu kita minta nelayan untuk menyiapkan pelampung sebagai alat pelindung diri," kata Zulfikri, Selasa (12/1/2021).

Dikatakannya lagi, nelayan diminta untuk melengkapi alat pelindung diri sebagai antisipasi jika nantinya terjadi suatu hal selama melaut. Menurut Zulfikri, selama ini nelayan kurang memperhatikan kelengkapan safety untuk melindungi diri.

"Kita minta jangan abai lagi. Selama ini rata-rata nelayan kita kurang safety. Dia (nelayan, red) modal yakin saja karena sudah biasa, jarang lengkapi komponen-komponen pelindung. Jadi kita imbau lengkapi itu, untuk kebutuhan melindungi diri sendiri juga," ujarnya.

Tidak hanya nelayan, Zulfikri juga meminta kepada masyarakat untuk waspada terhadap longsor dan banjir. Meskipun disebutkan oleh Zulfikri, banjir yang terjadi tidak terlalu lama.

"Juga untuk daerah-daerah bantaran sungai pengabuan, waspada peluang banjir dan longsor. Walaupun banjir yang terjadi tidak lama, tapi tetap kita minta jangan sampai ada korban, terutama anak-anak juga kita minta orang tua untuk berhati-hati," pungkasnya.


Penulis: Eko Siswono
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments