Jumat, 22 Januari 2021

Anggaran Tidak Cukup, Pilkades Serentak Batanghari Ditunda


Selasa, 12 Januari 2021 | 19:50:35 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi /

 MUARA BULIAN - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Batanghari tahun 2021 yang dijadwalkan akan digelar Maret nanti, kemungkinan besar akan ditunda. Pilkades sendiri akan dilaksanakan di 62 desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Batanghari, M. Arif Budiman mengatakan, anggaran yang tersedia saat ini hanya cukup untuk melaksanakan Pilkades dengan sistem e-Voting. Itupun, kata Arif, perangkat yang tersedia tidak memadai.

"Aturannya mengatakan pelaksanaan harus selesai dalam satu hari. Sedangkan anggaran hanya cukup jika menggunakan e-Voting. Itupun perangkat kita tidak memadai," kata Arif, Selasa (12/1/2021).

Arif menyebutkan, hampir seluruh desa menginginkan pelaksanaan Pilkades serentak secara manual. Hal ini tentunya akan berdampak pada anggaran yang telah dianggarkan.

"Jika pelaksanaan Pilkades secara manual dan tetap mengikuti protokol kesehatan, otomatis anggaran yang ada kurang. Karena pasti butuh surat suara, TPS, dan honor KPPS juga harus ada," sebut Arif.

Lebih lanjut, Arif mengatakan pihaknya akan mengusulkan penambahan anggaran untuk pelaksanaan Pilkades serentak.

"Kita usulkan di perubahan APBD tahun anggaran 2021, karena anggaran tidak cukup," pungkasnya.


Penulis: Chy
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments