Kamis, 28 Januari 2021

Pemprov Jambi Ajukan 600 Formasi CPNS dan PPPK


Senin, 11 Januari 2021 | 20:52:19 WIB


Sekda Provinsi Jambi, Sudirman
Sekda Provinsi Jambi, Sudirman / Metrojambi.com

 JAMBI - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 rencananya akan mulai dibuka pada Maret mendatang. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi pun telah mengusulkan sebanyak 600 formasi, baik itu untuk CPNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) ke pusat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Sudirman mengatakan, penerimaan CPNS nantinya masih sama dengan sebelumnya, yakni pada tenaga kesehatan dan tenaga teknis. Sedangkan untuk guru dialihkan ke PPPK.

"Kita ajukan 600 formasi. Untuk PPPK dan PNS sesungguhnya hak dan kewajiban sama. Yang berbeda hasil pendapatan," ujar Sudirman, Senin (11/01/2021).

Senada dengan Sudirman, Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi, Pahari menyampaikan ada 600 formasi yang diusulkan, dimana 260 diantaranya untuk PPPK (guru, red).

Pahari menyebutkan, sejauh ini usulan tersebut belum mendapatkan persetujuan. Begitu juga dengan jadwal pasti kapan penerimaan CPNS dan PPPK akan dibuka.

"Kita sudah usulkan tapi dari Kemenpan belum ada persetujuan (formasi, red). Untuk sekarang sudah ditutup sistemnya, kita tinggal tunggu disahkan formasi," kata Pahari.

Nantinya, lanjut Pahari, setelah adanya ketentuan dari formasi yang diajukan, baru akan diketahui jadwal penerimaan menyusul diterangkannya petunjuk teknis penerimaan PPPK.

"Seperti bagaimana pelaksanaan tes, apa umur 35 terlebih dulu atau masa kerja diutamakan," ujarnya.

Dikatakannya lagi, pengusulan 600 formasi ini disesuaikan dengan jumlah pensiunan setiap tahunnya. "Mudah-mudahan kita bisa lewati evaluasi pusat karena sudah sesuai dengan jumlah pensiun kita di angka 300-an pegawai pertahun," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments