Kamis, 28 Januari 2021

Usia Kandungan 12 Bulan, Tapir Taman Rimba Dua Bulan Lagi Melahirkan


Selasa, 12 Januari 2021 | 07:44:09 WIB


Pengasuh Tapir Taman Rimba Jambi berfoto bersama Feby Tapir Betina yang tengah mengandung. Usia kandungan Peby Tapir betina di Taman Rimba Jambi berusia 12 bulan, dua bulan lagi Peby akan melahirkan.
Pengasuh Tapir Taman Rimba Jambi berfoto bersama Feby Tapir Betina yang tengah mengandung. Usia kandungan Peby Tapir betina di Taman Rimba Jambi berusia 12 bulan, dua bulan lagi Peby akan melahirkan. / Antara

 JAMBI - Seekor Tapir (Tapirus Indicus) betina di Kebun Binatang Taman Rimba Jambi yang bernama Peby tengah mengandung dengan usia kandungan 12 bulan yang bersiap untuk memasuki proses kelahiran.

"Saat usia kandungan 14 bulan, Tapir siap untuk melahirkan, artinya dua bulan lagi Peby akan memasuki masa melahirkan dan saat ini kita lakukan persiapan untuk proses kelahiran," kata Kepala Seksi Tata Usaha UPTD Kebun Binatang Taman Rimba Jambi Kamarul Jaman di Jambi, Senin.

Persiapan menjelang kelahiran yang dilakukan pihak Kebun Binatang lebih kepada menjaga kesehatan Tapir dan menjaga tidak stres sehingga saat memasuki usia kelahiran Peby dalam kondisi prima dan sehat.

Kelahiran anak Tapir tersebut nantinya akan menambah koleksi Tapir di Taman Rimba Jambi menjadi tujuh ekor. Dimana saat ini sudah terdapat enam ekor koleksi Tapir di Taman Rimba Jambi.

Dua ekor Tapir Jantan dewasa, tiga ekor Tapir betina dewasa dan satu ekor anak Tapir Jantan.

"Harapan kita, Peby dapat melahirkan anaknya dengan selamat, sehingga kita berhasil melahirkan dua anak Tapir dengan selamat," kata Kamarul Jaman.

Sebelumnya, pada September 2020 seekor Tapir Betina dewasa yang bernama Kasih telah melahirkan seekor anak tapir jantan dengan selamat.

Kelahiran anak Tapir tersebut merupakan prestasi luar biasa untuk Tama Rimba Jambi karena sebelumnya anak Tapir yang lahir tidak ada yang selamat. Sebelum menginjak usia tujuh hari sebelumnya anak Tapir yang dilahirkan di Kebun Binatang tersebut selalu mati.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments