Sabtu, 6 Maret 2021

Pembangunan Arena Road Race Jadi Temuan BPK, Otoy: Saya Kembalikan Rp 400 Juta


Selasa, 12 Januari 2021 | 12:34:14 WIB


Proyek pembangunan arena road race di Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjabbar jadi temuan BPK
Proyek pembangunan arena road race di Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjabbar jadi temuan BPK / Metrojambi.com

 KUALA TUNGKAL - Pengerjaan sebagian proyek road race Kualatungkal yang bermasalah dan menjadi sorotan auditor Badan Pemeriksa Keuangan dilakukan oleh CV Sumber Abadi Sentosa. Perusahaan ini diketahui milik pengusaha bernama Otoy, yang dikenal juga sebagai pengusaha cafe.

Ditemui Metro Jambi pada Senin (11/1/2021), Otoy mengaku mendapat pemberitahuan soal temuan BPK atas kekurangan volume pekerjaan road race itu.

“Nilainya Rp 436,720 juta. Namun, temuan BPK itu sudah dikembalikan sebesar Rp 400 juta,” ujar Otoy saat ditemui di Cafe Nia Oto Nian miliknya di Kualatungkal. Sisanya Rp 36 juta lebih, lanjut Otoy, akan dibayarkan pada akhir Januari ini.

Otoy menyatakan bahwa CV miliknya memenangkan tender itu pada April 2019. Pengerjaan selesai pada akhir Desember 2019. Diakuinya, perkejaan itu tidak selesai, hanya mampu diselesaikan sekitar 85 persen.

"Jadi, dibayar Pemkab cuma 85 persen itu," ujarnya.

Karena itu, pihaknya melanjutkan yang 15 persen pada 2020. Namun, dari hasil audit BPK di 2020 pekerjaan 15 persen itu tidak bisa dibayarkan. Kalau dibayarkan akan jadi temuan baru. "Tidak dibayarkan sisanya itu," tegasnya.

Otoy menyebutkan, pekerjaan 15 persen  itu bernilai sekitar Rp 870 juta. “Jika itu dibayarkan maka akan muncul denda dan temuan baru sebesar Rp 53 juta. Kami ini rugi besar ini. Kalau dibayarkan kena lagi temuan Rp 53 juta itu," ujarnya.

Kepala Inspektorat Tanjabbar Encep Jarkasih mengakui adanya pembayaran dari kontraktor atas kelebihan pembayaran. Hanya saja, ada denda yang juga harus dibayar.

“Nilainya 5 persen dari pekerjaan yang ada. Berapa itu, ya, segitu lah,” tandasnya.


Penulis: Eko Siswono
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments