Senin, 8 Maret 2021

Puluhan Rumah Warga di Jujuhan Terendam Banjir


Selasa, 12 Januari 2021 | 15:48:14 WIB


Salah satu ruas jalan di wilayah Jujuhan, Kabupaten Bungo yang terendam banjir akibat meluapkan Sungai Batang Jujuhan dan Sungai Batang Asam
Salah satu ruas jalan di wilayah Jujuhan, Kabupaten Bungo yang terendam banjir akibat meluapkan Sungai Batang Jujuhan dan Sungai Batang Asam / Metrojambi.com

MUARA BUNGO – Intensitas hujan yang cukup tinggi di wilayah Kabupaten Bungo membuat debit air Sungai Batang Jujuhan dan Sungai Batang Asam meluap. Akibatnya, puluhan rumah warga di Kecamatan Jujuhan dan Jujuhan Ilir, Kabupaten Bungo terendam banjir, Selasa (12/01/2020).

Ketinggian genangan air mencapai 50 Cm. Tidak hanya rumah warga, banjir juga merendam akses jalan utama di Dusun (Desa, red) Baru Balai Panjang, yang membuat pengendara kesulitan untuk melintas.

Sementara itu, di Dusun Pulau Jelmu ketinggian air sudah mencapai 1 meter. Sedikitnya ada 22 rumah warga yang terendam, yang menyebabkan 105 jiwa terkena dampak banjir tersebut.

Rio (Kepala Desa, red) Pulau Jelmu, Masrodi saat dikonfirmasi mengatakan, hingga kini debit air masih mengalami peningkatan di wilayah tersebut.

Ia meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam beraktivitas, dan melakukan upaya antisipasi jika terjadi banjir tambahan yang lebih besar.

“Untuk kondisi air sekarang masih naik warga sudah antisipasi akan banjir susulan, untuk kendaraan roda empat dan dua bisa kita kondisikan lewat jalan akses lainnya,” ujarnya.

Masrodi juga menyebutkan, sebagian warganya yang terkena banjir sudah mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk menghindari kemungkinan buruk yang akan terjadi.

“Untuk warga sudah mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dan juga kami sudah mendata rumah-rumah warga yang terkena banjir. Untuk jumlah kerugian belum ada laporan dari warga namun ketua RT sudah melakukan pendataan,” ungkap Masrodi.

Sementara itu, Kepala BPBD Kesbangpol Kabupaten Bungo, Tobroni Yusuf mengatakan, pihaknya telah menurunkan satu regu untuk membantu warga yang menjadi korban banjir.

Ia meminta warga untuk tetap waspada karena diprediksi curah hujan akan terus mengguyur wilayah Kabupaten Bungo beberapa bulan kedepan.

“Tidak menutup kemungkinan akan terjadi banjir yang lebih besar di wilayah tersebut. Untuk itu kami minta masyarakat agar terus waspada,” tandasnya.


Penulis: Khairul Fahmi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments