Jumat, 22 Januari 2021

22 Orang di Jambi Jadi Penerima Pertama Vaksin Covid-19


Rabu, 13 Januari 2021 | 23:34:02 WIB


Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, Johansyah
Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, Johansyah / dok.metrojambi.com

JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi menggelar gladi resik atau simulasi dan screening kepada orang-orang yang masuk dalam daftar pertama penerima vaksin Covid-19 jenis Sinovac, Rabu (13/1/2021). Pencanangan vaksinasi sendiri akan dilaksanakan Kamis (14/1/2021) besok.

Gladi resik dan screening bertujuan agar kegiatan vaksinasi bisa berjalan lancar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Sedikitnya, ada empat tahapan serta persyaratan yang akan ditempuh dalam pelaksanaan penyuntikan vaksin tersebut.

Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi yang juga Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah mengatakan, untuk tahap pertama orang yang akan disuntikkan vaksin melakukan registrasi pendaftaran, kemudian pengecekan kesehatan (screening, red).

"Setelah lolos dari cek kesehatan, dilanjutkan dengan penyuntikan vaksin. Dan terakhir tahap keempat dilakukan pencatatan dan monitoring selama 30 menit," kata Johansyah.

Disebutkan Johansyah, adapun kriteria penerima vaksin yakni, tidak mengalami gejala ISPA (infeksi saluran pernafasan akut) dalam tujuh hari terakhir, serta tidak memiliki penyakit seperti komorbid, hipertensi, diabetes, dan penyakit autoimun.

"Pencanangan atau penyuntikan vaksin perdana di Provinsi Jambi digelar pada 14 Januari pagi di rumah dinas Gubernur Jambi dengan melibatkan 12 orang tenaga pukesmas dan 4 orang dokter spesialis imunisasi," sebut Johansyah.

Untuk jumlah penerima pertama vaksin Covid-19 tersebut bertambah lima orang, dari semula 17 orang menjadi 22 orang. "(Penambahan, red) diantaranya satu orang TNI, dan Karo Hukum Setda Provinsi Jambi," ujar Johansyah.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah pejabat juga akan menjadi penerima pertama vaksin Covid-19 jenis Sinovac, seperti Kapolda, Wakapolda, Danrem, Sekda Provinsi Jambi, Staf Ahli, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur Rumah Sakit Umum, serta unsur pendeta. 


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments