Selasa, 19 Januari 2021

Usai Divaksin Covid-19, Ini Kata Danrem 042/Gapu


Kamis, 14 Januari 2021 | 10:40:39 WIB


Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI M. Zulkifli saat divaksin Covid-19
Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI M. Zulkifli saat divaksin Covid-19 / Metrojambi.com

JAMBI - Sebanyak 22 orang telah menjalani proses pencanangan (penyuntikan) vaksin Covid-19 jenis Sinovac tahap pertama di Provinsi Jambi, yang berlangsung di rumah dinas Gubernur Jambi, Kamis (14/01/2021) pagi. 

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Raflizar mengatakan, 22 orang tersebut terdiri dari unsur TNI-Polri empat orang, Pemerintah Provinsi Jambi tiga orang, Kejaksaan tinggi Jambi satu orang, BNN Provinsi Jambi satu orang tokoh agama tiga orang, profesi enam orang, Badan Intelijen Negara Daerah satu orang, dan kepala OPD tiga orang.

"Pemberian vaksin Covid-19 dilakukan dua kali untuk setiap orang, dengan cara 14 hari atau dua minggu. Dan setelah ini, untuk tahap awal pemberian vaksin Covid-19 dengan sasaran tenaga kesehatan dan tenaga kesehatan lainnya seperti sopir ambulans, security dan lain sebagainya baik yang berada di rumah sakit, klinik, Puskesmas dan Puskesmas Pembantu," terang Raflizar.

Sebelumnya terdaftar ada 26 orang yang akan divaksin, namun mengalami pengurangan sehingga menjadi 22 orang. Pengurangan ini, disebut Raflizar karena alasan kesehatan.

Pantauan di lapangan, Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI M. Zulkifli menjadi orang pertama di Provinsi Jambi yang mendapat vaksinasi, kemudian menyusul Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo.

Ada empat tahapan yang harus dilewati, yakni pertama registrasi pendaftaran kemudian pengecekan kesehatan (screening, red). Setelah lolos dari cek kesehatan dilanjutkan dengan penyuntikan vaksin dan terakhir tahap keempat dilakukan pencatatan dan monitoring selama 30 menit. 

Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI M. Zulkifli mengatakan, usai disuntik sekitar 30 menit, dirinya tak merasakan gejala atau efek samping dari vaksinasi. 

"Sampai saat ini tidak ada gejala apa-apa. Biasa lah kalau disuntik ada rasa-rasa pegel. Ini sudah 30 menit tidak ada gejala apapun," tuturnya. 

Setelah Danrem 042 Garuda Putih dan Kapolda Jambi, menyusul Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Sudirman dan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi Rocky Candra dan Pinto Jayanegara yang disuntik vaksin. 

Selama proses vaksinasi berlangsung,Dinkes juga menyiagakan dua unit ambulans, tenaga kesehatan serta obat-obat. Adapula dokter anastesi dan penyakit dalam.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments