Jumat, 22 Januari 2021

Bupati Merangin Ingatkan OPD Tidak Menambah Pegawai Honorer


Kamis, 14 Januari 2021 | 15:30:32 WIB


Bupati Merangin, Al Haris saat memberikan keterangan pers kepada wartawan
Bupati Merangin, Al Haris saat memberikan keterangan pers kepada wartawan / Metrojambi.com

BANGKO – Bupati Merangin, Al Haris mengingatkan dan menekankan kepada seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Merangin, untuk tidak menambah tenaga honorer, mengingat adanya refocusing dana APBD untuk penanganan Covid-19.

Bahkan Haris menyarankan sebaiknya OPD merampingkan atau mengurangi jumlah tenaga honorer. “Saya sudah sering mengingatkan dari jauh-jauh hari untuk mengurangi tenaga honorer, jangan ditambah,” ujar Haris ini.

Sebelumnya, ratusan tenaga kontrak atau honorer dari sejumlah OPD telah dirumahkan. Diantaranya honorer di Dinas Perumahan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Merangin, Aspan membenarkan jika ratusan pegawai kontrak tengah dirumahkan sementara. “Jumlahnya 143 orang,” kata Aspan.

Dikatakan Aspan, nantinya tenaga honorer yang dirumahkan tersebut akan diseleksi ulang. Aspan mengatakan pihaknya akan mengeluarkan orang-orang yang dianggap tidak cakap dalam bekerja, seperti punya masalah, jarang masuk dinas dan sebagainya.

“Yang betul-betul kinerjanya baik, tidak bermasalah, Insya Allah dipanggil lagi. Kecuali yang bermasalah, seperti menghilangkan duit kemarin, sebulan tidak masuk, itu tidak dipanggil lagi,” beber Aspan.

Hal senada juga diungkapkan Kepala BKPSDM Kabupaten Merangin, Nasution. Dikatakan Nasution, di OPD yang dipimpinya juga terjadi pengurangan tenaga honorer ditahun 2021.

“Di kita (BKPSDM, red) itu honorer ada 11 orang, yang ada dalam anggaran pembayaran itu hanya 5 orang. Jadi memang ada pengurangan tenaga honorer. Tapi kebijakan saya, karena kasihan nanti saya tetap upayakan bagaimana mencari anggaran untuk yang tidak bisa dibayarkan di tahun 2021 ini,” pungkasnya.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments