Kamis, 13 Mei 2021

Pembelajaran Tatap Muka Direncanakan Dimulai Pekan Depan


Jumat, 15 Januari 2021 | 11:01:23 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / dok/metrojambi.com

JAMBI - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) semester genap tahun ajaran dan tahun akademik 2020/2021 untuk jenjang SMA/SMK/SLB di Provinsi Jambi rencananya akan dibuka tanggal 18 Januari, dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

 

Kabid SMA Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi, Misrinadi mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu izin dari Gubernur untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah.

 

"Insya Allah jika izin dari Gubernur keluar maka proses PTM akan dimulai (18 Januari) dengan prokes Covid-19," ujarnya, Jumat (15/01/2021).

 

Jika merujuk pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri, yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19, keputusan membuka sekolah sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah daerah.

Misrinadi menyampaikan untuk sekolah yang siap dan belum verval di jenjang SMA/SMK/SLB terdata sebanyak 243 sekolah, belum lapor 99 sekolah, belum siap dan belum verval 86 sekolah. Sedangkan yang sudah siap dan sudah verval masih nol.

"Saat ini sudah lebih dari 70 persen sekolah SMA/SMK/SLB baik negeri dan swasta di Jambi sudah mengajukan atau melaporkan di form online terkait kesiapan PTM," ujarnya.

Sedikitnya ada enam poin yang harus dipenuhi setiap sekolah aabila ingin melakukan PTM. Yaitu sanitasi, Fasilitas kesehatan, Kesiapan menerapkan wajib makser, Thermo gun, Pemetaan satuan pendidikan untuk tahu siapa yang punya komorbid, Persetujuan komite sekolah dan orang tua wali.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments