Jumat, 5 Maret 2021

Perekaman e-KTP di Jambi Tahun 2020 Capai 100 Persen


Senin, 18 Januari 2021 | 11:18:57 WIB


Perekaman e-KTP
Perekaman e-KTP / dok/metrojambi.com

JAMBI - Pelaksanaan perekaman e-KTP tahun 2020 di Jambi telah mencapai 100 persen alias melebihi target. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kependudukan, dan pencatatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi Jambi, Arief Munandar.

Dikatakan Arief, pendataan di Dinsosdukcapil Provinsi Jambi telah mencapai target nasional, bahkan rata-rata melebihi target.

"Perekaman e-KTP itu targetnya sebenarnya 98 persen, tapi kami mampu 100 persen," ujar Arief, Senin (18/1/2021).

Selain e-KTP, Arief mengatakan juga terdapat beberapa pelaksanaan yang melebihi target. "Seperti untuk akte kelahiran target kami 92 persen. Kemudian kami telah mampu mendata 93 persen. Begitu juga dengan pendataan Kartu Identitas Anak (KIA) target nasional 20 persen, Jambi 21 persen," bebernya.

Arief menyebutkan jika pencapaian ini dikarenakan aksi jemput bola yang dilakukan oleh pihak Dinsosdukcapil yang ada di tiap kabupaten/kota.

"Keberhasilan ini merupakan kerja keras dari para teman-teman yang ada di kabupaten/kota, hari libur pun mereka tetap bekerja. Kemudian juga beberapa ada yang sampai menginap di desa-desa, karena akses ke Dukcapil di sebagian daerah sangat sulit ditembus oleh masyarakat," ungkap Arief.

Arief berharap ke depannya perekaman data akan lebih mudah lagi dilakukan. Sehingga setiap penduduk memiliki kartu indentitas. Pasalnya dengan data ini, dapat digunakan untuk mempermudah kegiatan pendataan. Dicontohkannya pada kegiatan perbankan yang menjadi cepat.

"Kegiatan perbankan menjadi cepat. Karena data otomatis tersedia dan akurat. Pada akhirnya itu bisa menghemat biaya proses bisnis," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments