Senin, 8 Maret 2021

Dua Terminal Tipe B di Kota Jambi Resmi Beroperasi


Rabu, 20 Januari 2021 | 11:19:50 WIB


Wing Gunariyadi, Kabid Perhubungan Darat dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi
Wing Gunariyadi, Kabid Perhubungan Darat dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi / istimewa

JAMBI - Dua terminal tipe B di Kota Jambi, yakni Terminal Sijenjang dan Terminal Paal 10 resmi beroperasi, Senin (18/01/2021). Untuk tahap awal, retribusi ditargetkan sebesar Rp 8 juta per tahun.

Kabid Perhubungan Darat dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi, Wing Gunariyadi mengatakan, pihaknya telah membagi petugas untuk ditempatkan di kedua terminal tersebut.

"Di Teminal Paal 10 ditempatkan 10 petugas, dan di Terminal Sijenjang 16 petugas," ujar Wing, Rabu (20/1/2021).

Untuk pengaturan petugas, Wing mengatakan diserahkan kepada koordinator atau kepala terminal. Wing juga belum dapat merincikan jumlah kendaraan yang masuk selama dua hari ini.

Dikatakannya lagi, sesuai aturan yang telah ditetapkan, setiap angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang melintas diimbau untuk masuk ke dalam terminal.

"Mereka (petugas, red) akan membuat rekap laporan harian dan nanti setiap minggu pelaksanaan operasional dapat dilaporkan ke kita untuk kita rekap laporan mingguan terkait kendaraan yang masuk ke terminal," jelasnya.

Selain dua terminal yang telah beroperasi itu, Wing mengatakan masih ada satu terminal lagi, yakni Terminal Pembengis di Kabupatwn Tanjung Jabung Barar yang sedang dalam tahap perbaikan.

"Pembengis kami lagi melaksanakan perbaikan. Bila sudah layak maka akan kita operasionalkan juga," ujarnya.

Lebih lanjut Wing menyampaikan, untuk sekali masuk kendaraan dikenai retribusi Rp 2 ribu sesuai dengan Perda Nomor 8 tahun 2019 tentang jasa usaha lainnya.

"Kalau target retribusi Terminal Sijenjang pada tahap awal kita targetkan 8 juta per tahun," tandasnya.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments