Senin, 8 Maret 2021

Hadiri Sedekah Payo, Masnah Ajak Masyarakat Produktif Manfaatkan Lahan


Rabu, 20 Januari 2021 | 17:03:14 WIB


Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro saat menghadiri Sedekah Payo yang diadakan di Desa Senaung, Kecamatan Jaluko, Rabu (20/1/2021).
Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro saat menghadiri Sedekah Payo yang diadakan di Desa Senaung, Kecamatan Jaluko, Rabu (20/1/2021). / Sudir/Metrojambi.com

SENGETI - Upaya Kabupaten Muaro Jambi untuk menjadi sentra pertanian terus dioptimalkan. Untuk mewujudkan hal ini, salah satunya adalah dengan memanfaatkan lahan kosong untuk pertanian masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro saat menghadiri Sedekah Payo yang diadakan di Desa Senaung, Kecamatan Jaluko, Rabu (20/1/2021). Dalam kegiatan tersebut Masnah melihat langsung masyarakat mengolah lahan sebelum disemai bibit padi.

Masnah mengatakan, ia akan terus membantu keluhan dari masyarakat baik itu tentang infrastruktur maupun pertanian, untuk mencapai peningkatan produksi padi di Muaro Jambi.

" Saya terus berusaha semaksimal mungkin mendengar aspirasi masyarakat, terutama aspirasi mengenai permasalahan yang menghambat pertanian. Setelah mendengar aspirasi langsung dari masyarakat, Insya Allah nanti saya akan menyampaikan kepada OPD (organisasi perangkat daerah) terkait untuk membantu keluh kesah dari masyarakat mulai dari infrastruktur jalan ke sawah, memperbaiki irigasi maupun menambah alat-alat beserta pembasmi hama yang dibutuhkan oleh petani," kata Masnah.

" Bantuan berupa benih dan hama akan kami serahkan, saya berharap dengan adanya bantuan nanti bisa mempermudah masyarakat dalam bertani dan bisa menghasilkan hasil pertanian yang melimpah," ujarnya lagi.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Desa Senaung, Sayuti menyampaikan, di daerah mereka terdapat delapan kelompok tani, dan memiliki luas lahan pertanian kurang lebih 200 hektare. Menurut Sayuti, alat ataupun perlengkapan bertani masih banyak yang kurang.

Kepala Desa Senaung, Bustami berharap dengan kedatangan Bupati Muaro Jambi ini bisa memberikan angin segar ataupun membantu warga Senaung dalam segi pertanian.

"Kami berharap kepada Ibu Bupati beserta pemerintahan terkait agar bisa membantu keluh kesah dari petani desa Senaung ini," ujar Bustami.


Penulis: Sudir Putra
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments