Senin, 8 Maret 2021

Nilai Impor Jambi Turun 6,8 Persen


Kamis, 21 Januari 2021 | 16:24:24 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi mencatat aktivitas impor Jambi melalui tiga pelabuhan laut utama yaitu Pelabuhan Talang Duku Jambi, Muarasabak dan Kualatungkal serta pelabuhan udara Bandara Sultan Thaha dimana nilai impor secara umum mengalami penurunan sebesar 6,8 persen.

Kepala BPS Provinsi Jambi, Wahyudin, melalui keterangan tertulisnya yang diterima, Kamis, nilai impor Jambi pada sebelumnya tercatat sebesar 2,80 juta dolar AS atau mengalami pernurunan sebesar 6,80 persen dibanding bulan sebelumnya 3,01 juta dolar AS.

Penurunan nilai impor Jambi ini dipicu oleh turunnya nilai impor pada kelompok komoditi bahan kimia dan sejenisnya, kelompok komoditi karet dan sejenisnya, kelompok komoditi mesin dan alat angkutan, serta kelompok komoditi hasil industri dan lainnya.

Bila dilihat perannya sampai dengan November 2020, impor kelompok mesin dan alat angkutan memberikan kontribusinya 39,58 persen dari total impor yang kemudian diikuti peran kelompok hasil industri dan lainnya yaitu sebesar 32,16 persen dan impor bahan kimia dan sejenisnya yaitu sebesar 23,25 persen.

Untuk kelompok komoditi makanan dan sejenisnya berperan sebesar 4,81 persen dan kelompok komoditi karet dan sejenisnya hanya berperan 0,19 persen.

"Perkembangan nilai impor Provinsi Jambi pada November 2020 dari negara-negara pengimpor utama dan transaksi impor terbesar sampai dengan November 2020 adalah dari negara Tiongkok yang mencapai 27,27 persen disusul dari Kanada yaitu sebesar 16,60 persen," kata Wahyudin.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments