Kamis, 13 Mei 2021

Dewan Sampaikan Surat Pemberhentian Gubernur Jambi ke Kemendagri


Kamis, 21 Januari 2021 | 16:58:22 WIB


Foto bersama rapat paripurna pengumuman berakhirnya masa jabatan gubernur
Foto bersama rapat paripurna pengumuman berakhirnya masa jabatan gubernur / istimewa

JAMBI - Gubernur Jambi, Fachrori Umar akan mengakhiri masa jabatannya pada 12 Februari 2021 nanti. Hal ini disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Edi Purwanto dalam rapat paripurna pengumuman berakhirnya masa jabatan gubernur, Kamis (21/1/2021).

Edi menyampaikan terima kasih atas pengabdian Fachrori Umar untuk Jambi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Dikatakan Edi, setiap masa itu ada akhirnya.
"Selama beliau menjabat banyak positifnya yang bisa kita ambil. Beliau orangnya rileks, beliau juga hobi bersenda gurau. Pantun-pantunnya juga tetap diingat," kata Edi.

Edi pun tak menampik jika kepemimpinan Fachrori terdapat banyak kekurangan. "Ada plus minusnya lah. Ada beberapa program yang telah dijalankan, ya kita apresiasi. Tapi beberapa program yang belum selesai kita harap ini menjadi PR besar bagi siapapun termasuk Gubernur terpilih nantinya," ujar Edi.

Untuk tahap selanjutnya, Dewan menyampaikan surat permohonan pemberhentian tersebut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sembari menunggu ketetapan terkait Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi.

"Hari ini disampaikan dan kita menunggu dari Kemendagri, nanti ada ketetapannya. Tanggal 12 Februari pasti selesai urusan beliau (Fachrori, red) tidak menjabat lagi sebagai Gubernur, karena ini masih sengketa di Mahkamah Konstitusi kemungkinan akan ditunjuk Pjs dari Kemendagri maupun salah satu pejabat di Provinsi Jambi," pungkasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments