Kamis, 25 Februari 2021

Komentari Kesepakatan Replanting Karet ke Sawit, Ini Kata Ihsan Yunus


Jumat, 17 Agustus 2018 | 20:59:46 WIB


/ Metrojambi.com

JAMBI - Bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia tahun ini, 17 Agustus 2018, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VI menandatangani kesepakatan untuk replanting karet ke sawit dengan petani-petani di Jambi.

Kesepakatan tersebut dituangkan dalam Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) tentang Pembangunan Kebun Konversi Tanaman Karet ke Tanaman Kelapa Sawit Milik Petani Plasma Eks Pirsus 1 Durian Luncuk dengan Pola Kemitraan (Pola Satu Manajemen).

Para petani diwakili oleh Koperasi Petani Sawit Tia Karya Bersama di Desa Guruh Baru, Kabupaten Sarolangun dan Koperasi Petani Terentang Jaya di Desa Terentang Baru, Kabupaten Batanghari.

Dimintai tanggapannya, Ihsan Yunus, anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Dapil Jambi, bersyukur dengan adanya kesepakatan ini.

“Alhamdulillah, di hari kemerdekaan ini, hal yang sudah saya perjuangkan baik di jambi maupun di jakarta, semenjak tahun 2017 yang lalu, mulai kelihatan hasilnya. Replanting karet ke sawit ini tentunya diharapkan ke depannya akan menguntungkan petani-petani di Jambi," kata Ihsan.

"Saya bersyukur karena ini adalah bentuk implementasi konstitusi ekonomi kita yaitu adanya kemitraan bisnis besar dan koperasi. Inilah bentuk implementasi sistem ekonomi kekeluargaan,” ujarnya lagi.

Dalam kesepakatan ini, koperasi-koperasi petani yang ikut sebagai pihak, sepakat untuk menyerahkan lahan milik anggotanya kepada PTPN VI untuk dialih komoditi (konversi) dari tanaman karet ke kelapa sawit dan pengelolaan kebun dengan Pola Satu Manajemen (PSM) sampai kredit lunas dan kemitraan akan dilanjutkan terus sampai saatnya untuk diremajakan kembali.

Turut hadir dalam penandatanganan kesepakatan ini adalah perwakilan dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk serta jajaran direksi dan komisaris PTPN VI.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments