Kamis, 25 Februari 2021

Anggaran Perjalanan Dinas OPD Pemprov Jambi Capai Ratusan Miliar


Minggu, 24 Maret 2019 | 22:40:09 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Anggaran perjalanan dinas di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi tahun ini nilainya mencapai ratusan miliar. Anggaran ini dinilai sangat besar, karena masih banyak prioritas kegiatan pembangunan di Pemprov Jambi yang membutuhkan biaya.

Berdasarkan informasi di lapangan, anggaran untuk perjalanan dinas di Pemprov Jambi tahun 2019 ini mencapai Rp 200 miliar. Ini terbagi di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada, yakni sekitar 40 lebih.

Narasumber yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, anggaran tersebut bahkan setara dengan anggaran Dinas PU di salah satu kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

"Mencapai 200 miliar anggaran perjalanan dinas tahun ini. Masing-masing OPD punya perjalanan dinas, hampir setiap kegiatan atau program, ada perjalanan dinasnya,"katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Jambi Agus Pirngadi ketika dikonfirmasi tidak menampik jumlah anggaran perjalanan dinas tahun 2019. Dia menyebut anggaran perjalanan dinas merupakan usulan dari masing-masing OPD.

Tiap OPD, kata Agus, mengajukan anggaran terkait prediksi jumlah perjalanan dinas yang akan dilakukan dalam satu tahun. Anggaran itu, tidak harus habis. Jika dirasakan tidak diperlukan, perjalanan dinas yang sudah dianggarkan itu tidak perlu dilakukan.

Dia juga tidak bisa menjawab, apakah perjalanan dinas tersebut semuanya penting dilakukan sehingga harus menghabiskan anggaran Rp 200 miliar. "Apakah perjalanan dinas itu efektif atau tidak, itu kembali lagi ke OPD masing-masing," ujarnya.

Namun, menurutnya dalam penyusunan belanja perjalanan dinas, Pemprov Jambi belum menggunakan Analisa Standar Biaya (ASB). Dimana ASB ini berfungsi untuk menentukan apakah perjalan dinas bisa dilakukan atau tidak.

"Nanti kalau kita sudah punya ASB, akan tereliminasi sendiri jika usulan tidak sesuai. ASB ini nanti yang menentukan jumlah perjalanan dinas yang bisa dilakukan dan yang tidak. Kalau nanti sudah ada, mungkin akan lebih efektif," jelasnya.

Ditanyakan, apakah jumlah anggaran perjalanan dinas di Pemprov Jambi tahun lalu sama dengan saat ini, Agus mengatakan tidak mengetahui pasti. Namun dia mengatakan jumlahnya relatif hampir sama. "Hampir sama," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments