Senin, 8 Maret 2021

Fauzi Ansori : Harus Ada Inovasi Gali Potensi Daerah


Senin, 03 Agustus 2020 | 13:58:48 WIB


Fauzi Ansori dari Fraksi Demokrat
Fauzi Ansori dari Fraksi Demokrat / Istimewa

JAMBI- Rupanya Pemprov Jambi belum bisa sepenuhnya memaksimalkan atau menggali potensi daerah, yang bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal tersebut membuat perekonomian di Provinsi Jambi menjadi melemah pada 2019.

Hal tersebut dikatakan Fauzi Ansori, yang merupakan perwakilan dari fraksi Demokrat saat menyampaikan tanggapan terakhir dalam pengambilan keputusan dan penandatanganan keputusan bersama dari Ranperda di DPRD Provinsi Jambi.

"Adanya anggaran dari pemerintah pusat, membuat kita belum bisa menggali pendapatan asli daerah sendiri," kata dia. Lanjutnya, dalam penyampaian pendapat fraksi terkait LKPJ tahun 2019 lalu, dari data BPS bahwa kontribusi melalui kontribusi Pemerintah hanya mencapai 0,37 persen, sementara pengeluaran produksi rumah tangga menyumbang 2,13 persen.

"Ini mengakibatkan pertumbuhan perekonomian Provinsi Jambi hanya 4,4 persen, dan berada pada peringkat ke 7 dari 10 provinsi di Pulau Sumatera," jelasnya. Kata Fauzi, rendahnya pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jambi bukan disebabkan karena kelemahan Pemerintah saat ini. Dalam mendorong pertumbuhan ekonomi bisa melalui program di Provinsi Jambi.

Penyebab lainnya yakni beberapa faktor eksternal di negara Indonesia. Dengan demikian pihaknya mengajak Provinsi Jambi untuk bekerjasama dan berdampingan untuk menggali pendapatan asli daerah. "Berfikir bersama mencari solusi cerdas dan kompak yang pada umumnya melahirkan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto mengatakan bahwa hal tersebut sangat normatif, memang saat ini belum ada terobosan baru untuk mendorong lebih kreatif dan membuat PAD bisa meningkat. "Kemarin ada pansus inovasi daerah, dan sekarang kita konsultasi ke Kemendagri mudahan segera kita perdakan," kata dia.

Lanjutnya, dengan perda tersebut nantinya bisa mendorong pemerintah provinsi lebih kreatif untuk meningkatkan PAD. Untuk saat ini, kata Edi hanya berlandaskan pada pembayaran pajak bermotor, sementara untuk yang lainnya belum dioptimalkan.

"Kita minta OPDnya untuk lebih kreatif, banyak potensi yang bisa di gali di Provinsi Jambi," sebutnya. Sementara itu, Gubernur Jambi Fachrori Umar mengucapkan terimakasih telah memberikan saran dan pendapat atas LKPJ tahun 2019. "Ini akan kita tindaklanjuti sebagai masukan dan meningkatkan kinerja pemerintah Jambi," kata dia.


Penulis: Nita
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments