Kamis, 4 Maret 2021

Merangin Kaya Objek Wisata, Air Terjun Goa Kambing Sangat Eksotis


Rabu, 18 November 2020 | 11:08:32 WIB


Air Terjun Goa Kambing sangat eksotis
Air Terjun Goa Kambing sangat eksotis / Andi/metrojambi.com

BANGKO - Merangin merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jambi yang kaya dengan objek Wisata alam, mulai dari taman bunga, danau, telaga, gunung, air terjun, hingga Geopark yang sudah diusulkan menjadi warisan dunia.

Terbaru, Air Terjun Goa Kambing di Desa Tanjung Berugo, Kecamatan Lembah Masurai, kini banyak dikunjungi warga. Air terjun yang terletak di bawah kaki Gunung Masurai ini sangat eksotis dengan dua cabang air yang berdampingan turun dari atas bebatuan.

Untuk sampai di lokasi objek wiasata alam ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua atau berjalan kaki menghabiskan waktu 30 atau 50 menit. Air terjun tersebut terletak dalam hutang yang masih asri, namun tidak jauh dari wilayah perkebunan warga.

Sebenarnya sejak 2011 lalu Air Terjun Goa Kambing sudah banyak pengunjung melakukan camping ground. Namun pada saat itu kurangnya promosi sehingga kurang dikenal di tengah Masyarakat.

"Jadi memang baru dikelola dan dipromosikan ahir tahun 2020 ini, sejak akses jalan masuk kedesa sudah di aspal. Kemarin kan masuk desa payah," ujar Muhammad Safari, salah seorang pemuda Desa Tanjung Berugo.

Asal usul disebutnya Air Terjun Goa Kambing bermula sejak zaman dahulu, dimana masyarakat mengetahui adanya goa di tengah air terjun yang menjadi tempat persembunyian kambing hutan.

"Memang di tebing air terjun itu ada dua titik goa, tempat persembunyian kambing, sehingga sebutan itu melekat hingga saat ini. Nahkan dulu warga, termasuk bapak saya sering masang jerat kambing di goa itu," ujar Muhammad Safari yang juga pemandu wisata Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Merangin

Dikatakannya lagi, ketinggian Ai Terjun Goa Kambing diperkirakan di atas 35 meter. Air yang mengalir di Air Terjun Goa Kambing berasal dari anak sungai di Bukit Sedingin Bawah.

Salah seorang pengunjung, Fitri Nazmi mengaku sangat terkesan saat menikmati Air Terjun Goa Kambing. Selain alami objek wisata satu ini terkesan unik karena ada dua cabang air ditempat yang sama mengalir dari atas batu.

"Air terjunnya sangat indah. Alamnya juga sangat asri, kesan alaminya sangat terasa," kata Fitri Nazmi.

Sementara itu Sukoso, Kepala Dinas Parawisata dan Olah Raga (Disparpora) Kabupaten Merangin mengatakan sudah melakukan promosikan Goa Kambing ini melalui Website resmi Disparpora.

"Selain itu juga melalui kerjasama promosi dengan berbagai pihak, diantaranya adalah para Duta Pariwisata, Ikatan Bujang Upik Merangin dan para penggiat pariwisata lainnya yang ada di Kabupaten Merangin," pungkasnya.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments