Minggu, 20 Juni 2021

Atasi Persoalan PPDB, Disdik Segera Bangun 14 Ruang Kelas Baru dan Satu SMA

Senin, 18 Januari 2021 | 16:27:45 WIB


Kabid SMA Disdik Provinsi Jambi, Misrinadi
Kabid SMA Disdik Provinsi Jambi, Misrinadi / dok/metrojambi.com

JAMBI - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi berencana segera membangun setidaknya 14 Ruang Kelas Baru (RKB) dan satu Unit Sekolah Baru (USB) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Jambi, dengan total anggaran sekitar Rp 10,2 miliar.

Kabid SMA Disdik Provinsi Jambi, Misrinadi mengatakan, rencana pembangunan tersebut merupakan salah satu solusi untuk mengatasi persoalan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

" Berdasarkan kemampuan anggaran, ada 14 RKB dan satu USB akan dibangun di 2021 ini untuk mengatasi persoalan PPDB,"  kata Misrinadi, Senin (18/1/2021).

Misrinadi merincikan, 14 RKB tersebut terdiri dari SMA 1 ada 4 RKB, SMA 3 ada 3 RKB, SMA 5 ada 2 RKB, SMA 13 ada 4 RKB dengan alokasi anggaran sebesar Rp 5,6 miliar.

" Sedangkan untuk USB SMA 14 akan dibangun di kawasan Mayang, Kecamatan Alam Barajo. Secara rinci berapa ruangan kelas, belum diketahui dan anggaran 4,6 miliar," bebernya.

Dikatakannya lagi, selama ini yang menjadi persoalan PPDB yaitu banyaknya peminat namun tak sesuai kemampuan yang dimiliki sekolah. Hal ini menjadi alasan masih adanya peluang untuk menambah ruangan (gedung, red) baru tersebut.

Misrinadi mencontohkan, untuk di wilayah Kota Jambi, dimana tamatan SMP sederajat sebanyak 11 ribuan siswa per tahunnya, sementara yang bisa tertampung di SMA/SMK itu cuma 5 ribuan.

" Artinya masih ada 6 ribu siswa lagi yang belum tertampung. Dengan adanya 1 USB dan 14 RKB di bangun pada 2021, bisa menampung sekitar 700 siswa sembari menunggu anggaran berikutnya," tandasnya.
Rina


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments