Kamis, 6 Mei 2021

Ombudsman Jambi Minta Pemda Tidak Tebang Pilih Saat Sidak Pergudangan


Minggu, 24 Januari 2021 | 12:20:42 WIB


Jafar Ahmad
Jafar Ahmad / Metrojambi.com

 JAMBI - Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jambi mendorong pengawasan terhadap pergudangan di Kota Jambi dilakukan tanpa praktik diskriminasi serta tebang pilih.

Rabu (20/1/2021) lalu, Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jambi bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Jambi melakukan pengecekan ke gudang penyimpanan sembako, yakni gudang industri Beras Sejahtera, dimana didapati gudang tersebut tidak memiliki izin industri.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jambi, Jafar Ahmad mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan tersebut. Namun hendaknya inspeksi mendadak (sidak) tidak berhenti di satu tempat saja.

"Kita mendukung sidak yang dilakukan oleh Komisi II DPRD dan DPP Kota Jambi. Kita berharap kegiatan tersebut tidak berhenti di sana saja sehingga tidak terjadi praktik tebang pilih," ujarnya, Minggu (24/1/2021).

Jafar menyebutkan, sidak terhadap perizinan gudang sudah sering dilakukan. Hanya saja sidak tersebut belum dilakukan ke seluruh gudang.

"Mestinya pihak pelaksana dapat berkoordinasi dengan DPMPTSP untuk mengetahui gudang-gudang yang belum berizin," kata Jafar.

Selain itu, di lapangan ternyata ditemukan bahwa pemilik gudang ternyata sudah mengurus surat perizinan, namun hingga saat ini belum diterbitkan. Menyikapi hal ini, Ombudsman Jambi meminta agar masyarakat mendapatkan kepastian layanan dari penyelenggara layanan publik.

"Masyarakat harus tahu berapa lama proses pemberian izin, berapa biaya yang diperlukan, serta persyaratan apa saja yang diminta secara jelas," tegas Jafar.

Untuk mendukung penyelenggaraan layanan publik yang bebas maladministrasi, Ombudsman Jambi membuka ruang bagi masyarakat untuk melakukan pelaporan.

Pelaporan dapat dilakukan dengan mengunjungi Kantor Ombudsman Jambi di Jalan Empu Sendok No. 07, RT.17, RW.05 Kelurahan Solok Sipin, Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi 36121, melalui layanan telepon atau wa di Telp. 0741-3066814, WA.08119593737, serta melalui Email [email protected]


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments