Jumat, 26 Februari 2021

KPU Optimis Menang, Hari Ini Gugatan CE-Ratu Dibacakan di MK


Selasa, 26 Januari 2021 | 09:50:28 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Antara

JAMBI - Sidang gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilgub Jambi dan Pilwako Sungaipenuh akan digelar Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini, Selasa (26/1/2021). Sidang pendahuluan ini digelar dengan agenda pembacaan permohonan.

Gugatan Pilgub diajukan oleh pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jambi Cek Endra-Ratu Munawaroh (CE-Ratu). Sementara gugatan hasil Pilawako Sungaipenuh diajukan pasangan Fikar Azami-Yos Adrino. 

CE-Ratu menunjuk mantan Menteri Hukum dan HAM Yusril Ihza Mahendra sebagai kuasa hukum. Sementara KPU Provinsi Jambi menunjuk Syahlan Samosir dan rekan sebagai tim advokasi. Fikar-Yos menunjuk Heru Widodo sebagai kuasa hukum.

Baca juga : Cek Endra - Ratu Minta PSU di 5 Kabupaten

Dihubungi Metro Jambi, Syahlan Samosir mengatakan sidang pendahuluan diagendakan untuk pembacaan gugatan dan dalil-dalilnya dari pihak pemohon. Sedangkan sidang pemeriksaan akan dimulai pada 1-11 Februari 2021.

Di antara agendanya adalah penyerahan jawaban termohon, keterangan pihak terkait, keterangan Bawaslu, mendengar jawaban termohon, rapat permusyawaratan hakim (RPH) dan terakhir mengambil putusan.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments