Kamis, 13 Mei 2021

14 Orang di Batanghari Jadi Penerima Pertama Vaksin Covid-19


Rabu, 27 Januari 2021 | 17:37:25 WIB


Vaksin Covid-19 jenis Sinovac saat tiba di gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari
Vaksin Covid-19 jenis Sinovac saat tiba di gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari / Metrojambi.com

 MUARA BULIAN - Dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian, sebanyak 3.240 dosis vaksin Covid-19 jenis Sinovac, sekira pukul 10.16 WIB, Rabu (27/1/2021), tiba di gedung penyimpanan obat Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari.

Pencanangan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Batanghari akan dilaksanakan Kamis (28/1/2021) besok. Sebanyak 145 tenaga vaksinator juga telah dipersiapkan.

“Insya Allah semua sudah siap. Semoga vaksinasi besok berjalan lancar,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Batanghari, dr. Elfie Yennie.

Elfie menyebutkan, pada pencanangan besok ada 14 orang yang akan menjadi penerima pertama vaksin Covid-19. Kegiatan sendiri akan dilaksanakan di halaman kantor Bupati Batanghari.

Adapun 14 penerima pertama vaksin Covid-19 tersebut yakni, Kapolres Batanghari, AKBP Heru Ekwanto, Kajari Batanghaei, Deddy Priyo Handoyo, Ketua Pengadilan Negeri Muara Bulian, Enan Sugiarto, Pabung Dandim, AT Sihombing, Wakil Ketua DPRD Batanghari, Ilhamuddin, Penjabat Sekda Batanghari, Mulawarmansyah, dan Kepala Dinas Kesehatan Batanghari, dr. Elfi Yennie.

Selanjutnya Direktur RSUD Hamba, dr. Hermina, Kepala Pelaksana BPBD Batanghari, Syar‘i Saman, Ustadz MN Parlindungan Hasibuan dari MUI Batanghari, perwakian Lembaga Adat Daerah, Ketua Ikatan Dokter Indonesia(IDI) Batanghari, dr. Firdaus, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Batanghari, Rosnani, serta perwakilan dari Perhimpunan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Batanghari.

“14 tokoh yang telah terdata tersebut sudah siap divaksin," sebut Elfie.

Selain dosis vaksin, Elfie mengatakan pihaknya juga mendapat bantuan logistik peralatan vaksin seperti masker dan lain-lain. "Vaksin ini untuk menambah kekebalan tubuh terhadap virus Corona. Setelah 14 hari hingga 28 hari kedepan, barulah dilakukan vaksinasi tahap kedua dengan orang yang sama. Artinya, satu orang dapat jatah dua kali vaksin,” paparnya.

Lebih lanjut, Elfie mengatakan untuk tahap pertama ini vaksinasi diprioritaskan untuk tenaga kesehatan. Vaksinasi bisa dilakukan di 22 fasilitas kesehatan (Faskes) yang ada dikabupaten Batanghari dan sudah terdaftar di sistem.

“Yaitu di 17 Puskesmas, 2 rumah sakit yakni rumah sakit umum dan swasta, kemudian ditambah 3 klinik pratama,” pungkasnya.


Penulis: Chy
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments