Minggu, 28 November 2021

Komite Ekonomi Kreatif Jambi Dorong Sinergi Bersama Pemda dan BUMN

Selasa, 02 Februari 2021 | 14:51:24 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Komite ekonomi kreatif Jambi mendorong sinergi antara pelaku usaha ekonomi kreatif bersama pemerintah daerah dan instansi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agar ekonomi kreatif di daerah itu dapat berkembang dengan lebih baik.

"Kita harapkan ada program dari pemerintah dan instansi BUMN yang bisa berkolaborasi dengan komite ekonomi kreatif," kata Ketua Komite Ekonomi Kreatif Berlian Sentosa di Jambi, Selasa.

Selain itu, Komite ekonomi kreatif Jambi turut melakukan pendataan pelaku usaha dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu untuk melihat potensi dan Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku usaha ekonomi kreatif di daerah itu.

Pendataan tersebut dilakukan bertujuan untuk melihat peluang dan melakukan pengelompokan terhadap sub sektor usaha yang dilakukan. Dimana Komite ekonomi kreatif Jambi fokus melakukan pembinaan dan memfasilitasi 16 sub sektor usaha. Dimana muara dari pendataan tersebut sebagai data yang dapat dipakai oleh instansi pemerintah maupun BUMN untuk bersinergi dengan pelaku usaha ekonomi kreatif.

Adapun 16 sub sektor usaha tersebut diantaranya, Aplikasi dan game, arsitektur, Desain Komunikasi Visual (DKV), desain interior, desain produk, kuliner, fashion dan kriya. Selanjutnya seni pertunjukkan, seni musik, penerbitan, periklanan, radio dan televisi, film dan animasi, fotografi dan videografi.

"Kita sedang melakukan pendataan terhadap seluruh pelaku usaha dan UMKM di Provinsi Jambi, saat ini ada sekitar 500 lebih pelaku usaha dan UMKM yang sudah didata oleh Komite ekonomi kreatif Jambi," kata Berlian Sentosa.

500 pelaku usaha dan UMKM tersebut didominasi oleh pelaku usaha di Kota Jambi. Dimana sekitar 55 persen berada di kota jambi, 25 persen di Kabupaten Muaro Jambi dan selebihnya tersebar di sembilan kabupaten dan kota di Provinsi Jambi.

Pendataan tersebut masih terus dilakukan oleh komite ekonomi kreatif Jambi. Komite ekonomi kreatif Jambi berharap akan semakin banyak pelaku usaha dan UMKM yang tergabung dalam komite ekonomi kreatif.

Sementara itu, Gubernur Jambi Fachrori Umar berharap akan terbangun sinergitas antara pemerintah dan forum BUMN Jambi bersama komite ekonomi kreatif Jambi. Dimana ekonomi kreatif menurut Fachrori merupakan sebuah konsep di bidang perekonomian di era ekonomi yang baru yang mengutamakan kreatifitas dan inovasi.

"Intinya ekonomi kreatif lebih mengedepankan kreatifitas, pengetahuan, ide dan inovasi," kata Fachrori Umar.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments